0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

6 Alasan Anda Membutuhkan Karpet

Blog Grandome.com

Anda masih membutuhkan alasan untuk membeli karpet? Masih tidak yakin kenapa Anda memerlukan karpet untuk rumah Anda?

Ada berbagai cara memilih karpet yang terbaik, tapi sebelum Anda berangkat ke toko dekorasi rumah atau membuka website furnitur, pastikan Anda sudah memiliki alasan kuat untuk memasang karpet di rumah Anda. Untuk beberapa orang, karpet masih dirasa kurang diperlukan untuk di rumah. Padahal, karpet memiliki banyak manfaat yang selama ini belum terpikirkan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai alasan Anda membutuhkan karpet, berikut ini adalah dua cara pemasangan karpet yang bisa Anda gunakan untuk ruangan Anda.

CARA - CARA MEMASANG KARPET DI RUANGAN

1. Karpet Untuk Seluruh Lantai

Odoo CMS- Sample image floating

Melihat contoh rumah di luar negeri yang memiliki 4 musim, maka Anda akan kerap melihat rumah yang seluruh lantainya dilapisi karpet. Walaupun Anda tinggal di Indonesia, bukan berarti Anda tidak bisa mencontoh cara pemasangan karpet seperti ini. Anda tetap bisa melapisi seluruh permukaan lantai dengan karpet, namun dengan dua pertimbangan. Pertama, pastikan ruangan yang akan Anda tutupi seluruh lantainya dengan karpet merupakan ruangan yang menggunakan pendingin ruangan supaya Anda tidak merasa gerah atau karpet justru menjadi lembap dan menimbulkan bau kurang sedap. Kedua, kalau ruangan tersebut tidak memiliki pendingin ruangan, Anda bisa memilih karpet yang tipis untuk melapisi seluruh lantai Anda. Pastikan bahannya mudah dibersihkan dan tidak mudah lembap.

Keuntungan menggunakan karpet yang melapisi seluruh lantai adalah akan memberikan proteksi bagi lantai Anda. Apalagi kalau lantai Anda terbuat dari material kayu atau ubin yang mudah tergores. Supaya tidak mudah kusam atau rusak, maka melapisi lantai semacam itu dengan karpet adalah solusi yang tepat. Selain itu, membuat seluruh lantai Anda terlapisi dengan karpet akan mengurangi resiko orang terpeleset. Sebagai tambahan, karpet juga akan membuat kaki Anda nyaman melangkah di dalam rumah karena kaki Anda tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang biasanya mudah kotor dan menjadi terasa kurang nyaman. Namun, pastikan juga Anda rutin membersihkan karpet supaya selalu nyaman.

2. Karpet Untuk Area Tertentu

Karpet seperti ini disebut rug area dan sedang menjadi tren saat ini. Tidak mengherankan, karena rug area ukurannya lebih kecil, mudah diletakkan dan dipasang di mana saja, banyak variasinya, dan cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan pemasangan karpet untuk seluruh lantai. Anda bisa berkreasi dengan rug area ini. Misalnya saja, rumah atau apartemen Anda memiliki satu ruangan luas tanpa sekat yang mencakup fungsi ruang keluarga dan ruang makan, maka untuk membedakan area-area tersebut, Anda bisa menggunakan rug area berbeda. Untuk diletakkan di bawah sofa dan coffee table yang ada di ruang keluarga, Anda bisa menggunakan rug area bermotif dengan warna netral. Kemudian untuk bagian bawah meja dan kursi makan, Anda bisa memilih rug area polos.

Hal yang penting dalam berkreasi dengan rug area adalah kepekaan untuk memastikan bahwa motif dan warna karpet yang digunakan harmonis dengan warna lantai, dinding, serta furnitur. Kecuali, Anda menginginkan tampilan ruang yang eksentrik. Atau Anda ingin mempertegas perbedaan setiap area, Anda bisa mengambil tema bold color untuk area bersantai dan neutral color untuk area makan serta dapur. Bisa juga Anda menambahkan area esktra seperti area bermain anak di salah satu sisi ruangan dengan sesederhana menambahkan satu rug area lagi dengan motif yang playful sebagai alas keranjang mainan dan area duduk anak Anda ketika sedang asyik bermain. Untuk area rug dengan fungsi area bermain anak, pastikan cara pembersihannya mudah karena akan beresiko terkena tumpahan minuman dan makanan yang dibawa anak Anda ketika bermain.

Setelah Anda tahu bagaimana Anda akan memasang karpet Anda, simaklah 6 alasan penting mengapa Anda membutuhkan karpet di rumah atau apartemen Anda. Penjelasan ini akan meyakinkan Anda bahwa karpet adalah elemen dekorasi yang patut dipertimbangkan untuk memberikan dampak besar bagi interior ruangan serta kenyamanan Anda berada di dalam ruangan tersebut.

6 ALASAN MENGAPA KITA HARUS MEMASANG KARPET

Secara lebih spesifik, ada beberapa kegunaan karpet untuk ruangan tertentu seperti kamar tidur. Di bawah ini adalah hal-hal baik yang akan Anda dapatkan kalau Anda menggunakan karpet di dalam kamar tidur Anda.

1. Menandai Area Khusus

Odoo CMS- Sample image floating

Anda memiliki kamar tidur luas dan ingin membaginya menjadi beberapa area? Karena penggunaan sekat akan memakan tempat dan terkesan terlalu kaku, maka Anda bisa mengandalkan karpet. Misalnya, Anda menginginkan sudut baca yang nyaman, tentukan salah satu sisi atau sudut kamar yang bisa mendapatkan cukup cahaya matahari di siang hari, kemudian pasanglah karpet dengan ukuran yang tidak terlalu luas sebagai penanda area tersebut adalah area baca Anda. Di atas karpet tersebut, Anda bisa meletakkan rak buku, beberapa bantal empuk, dan meja kecil untuk meletakkan minuman atau kudapan.

2. Memberikan Kenyamanan

Memasuki kamar tidur, perasaan yang diharapkan tentunya adalah kenyamanan karena kamar tidur merupakan ruang pribadi di mana Anda dapat melakukan apapun dan menjadi diri Anda sendiri. Dapatkan kenyamanan ekstra dengan memasang karpet pada seluruh lantai kamar Anda. Sehingga begitu Anda melangkahkan kaki memasuki kamar tidur, Anda akan langsung disambut dengan kelembutan karpet yang nyaman untuk kaki Anda yang lelah beraktivitas seharian. Anda pun bisa rebahan di lantai kamar yang berkarpet dengan nyaman sembari membaca buku atau bermain gadget.

3. Meredam Suara

Tentunya Anda tidak ingin mengganggu penghuni rumah lain sementara Anda beraktivitas di dalam kamar Anda, seperti ketika Anda menyetel musik dengan suara keras untuk mengurangi kepenatan. Untuk mengurangi resiko gangguan suara bagi orang yang berada di luar kamar Anda, pasangkanlah karpet yang cukup tebal pada lantai kamar Anda. Anda bisa mengonsultasikan pada penjual karpet, jenis karpet seperti apakah yang paling baik untuk meredam suara bising.

Manfaat Menggunakan Karpet di Ruang Tamu

Odoo CMS- Sample image floating

Tidak hanya di kamar tidur, namun ruang tamu juga memerlukan peran karpet dalam beberapa hal yang tentunya menguntungkan Anda.

1. Mempercantik Dekorasi

Seperti sudah Anda ketahui, karpet merupakan salah satu elemen dekoratif yang berfungsi untuk mempercantik ruangan. Hanya dengan menambahkan selembar karpet pada ruangan Anda, maka tampilan interior ruang akan sangat terlihat perubahannya. Anda bisa memilih untuk menggunakan karpet pada keseluruhan lantai ruang tamu Anda ataupun hanya menggunakan area rug, yang merupakan karpet berukuran tertentu yang biasa diletakkan di bawah furnitur untuk mempertegas suatu area. Karena ruang tamu merupakan ruangan yang pasti dilihat orang lain yang berkunjung ke rumah Anda, maka membuat ruang tamu terlihat lebih estetik sudah menjadi kebutuhan pemilik rumah atau apartemen.

2. Membuat Lebih Bersih

Lantai yang jarang disapu atau dipel akan kurang nyaman dilihat dan diinjak. Untuk itulah karpet diperlukan bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk rutin membersihkan lantai. Membersihkan karpet lebih simpel dan cepat dibandingkan membersihkan lantai ubin atau kayu. Anda hanya memerlukan vacuum cleaner. Hal ini akan membuat lantai Anda lebih terjaga kebersihannya. Pilihlah karpet dengan warna gelap yang dapat menyamarkan noda jika Anda merencanakan penggantian karpet berikutnya tidak dalam waktu dekat.

3. Memberi Ruang Ekstra

Keberadaan sofa dan armchair di ruang tamu bisa dirasa cukup. Namun, ketika ada lebih banyak orang yang datang ke rumah Anda, khususnya untuk acara santai, dan Anda tidak memiliki kursi ekstra, Anda dapat memanfaatkan karpet di ruang tamu sebagai ruang ekstra untuk duduk lesehan. Selain lebih nyaman dibandingkan duduk langsung beralaskan ubin, duduk di lantai berlapis karpet juga tidak kalah enak dengan duduk di sofa. Anda bisa menyediakan cushion ekstra untuk kenyamanan tambahan.

Membersihkan Karpet yang Benar

Kalau Anda masih memiliki keraguan menggunakan karpet karena terbayang ribetnya membersihkan karpet, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui agar perawatan karpet Anda maksimal dan tidak merepotkan. Perawatan karpet ternyata dapat Anda lakukan sendiri di rumah juga dengan cara yang mudah.

Odoo CMS- Sample image floating

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Membersihkan karpet tidak bisa menggunakan sapu ijuk layaknya Anda membersihkan lantai Anda yang berbahan keramik. Penggunaan sapu untuk proses pembersihan hanya akan membuat kotoran semakin tersangkut pada serat-serat karpet. Karenanya, alat pembersih yang tepat untuk karpet adalah vacuum cleaner yang akan langsung menyedot bersih debu dan kotoran yang bersarang di karpet Anda.

Sebelum memulai proses vacuming, bersihkan dulu perabot dan dekorasi yang berada di atas dan sekitar karpet dari debu. Hal ini untuk menghindari karpet yang sudah dibersihkan terkena debu lagi dari perabot atau apapun yang berada di sekitarnya. Kemudian, pastikan tidak ada benda-benda kecil yang tercecer di atas karpet seperti koin atau mainan anak Anda. Ingatlah juga untuk menyalakan lampu ketika proses vacuuming supaya Anda bisa melihat dengan jelas bagian mana yang masih perlu dibersihkan. Gerakkan vacuum cleaner Anda ke seluruh sudut dan sisi karpet, termasuk bagian bawah karpet hingga Anda merasa karpet Anda sudah bersih kembali.

2. Lakukan Uji Keamanan

Jika karpet Anda tidak mengalami masalah serius seperti terkena tumpahan cairan, maka Anda dapat berhenti pada proses vacuum cleaning saja. Tapi, kalau ternyata Anda menemukan noda pada karpet Anda, jangan tunda lagi untuk membersihkannya. Anda tidak perlu panik karena Anda bisa membersihkannya sendiri. Caranya adalah dengan menggunakan sabun pembersih noda khusus untuk karpet yang dijual di pasaran.

Sebelum membersihkan karpet Anda dengan sabun yang sudah Anda beli, sebaiknya Anda memastikan sabun tersebut aman untuk karpet Anda. Aman di sini berarti sabun tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dapat membuat warna karpet Anda luntur atau mengubah teksturnya. Cara menguji coba keamanan sabun pembersih karpet adalah dengan melarutkan sabun tersebut dalam jumlah sedikit saja pada air, kemudian coba gunakan untuk membersihkan salah satu sudut kecil karpet Anda. Jangan gunakan air panas karena akan merusak karpet Anda. Lalu, lihatlah apakah uji coba pembersihan tersebut mengakibatkan warna atau tekstur karpet Anda rusak atau tidak. Kalau aman, maka Anda bisa melakukan pembersihan menyeluruh.

4. Bersihkan dengan Sabun Pembersih

Siapkan ember berukuran sedang berisi air, kemudian larutkan sabun pembersih pada air di dalam ember tersebut. Kemudian, untuk membersihkan noda pada karpet, gunakan spons atau sikat untuk menggosokkan cairan sabun tersebut. Setelahnya, jangan terburu-buru membilas sabun, tapi diamkan selama beberapa menit untuk memastikan sabun benar-benar bekerja membersihkan di karpet Anda. Setelah beberapa menit, Anda bisa mulai membilas sabun yang tertinggal pada karpet. Pastikan Anda membilasnya dengan sangat bersih hingga tidak ada busa yang tertinggal.

5. Keringkan dengan Tepat

Ketika karpet sudah dibilas bersih, sekarang saatnya Anda mengeringkan karpet Anda. Pertama, peraslah karpet Anda dengan melakukan pemerasan searah dengan serat karpet supaya tidak merusak teksturnya. Lalu, bentangkan karpet Anda pada tempat yang memungkinkan karpet Anda mendapatkan angin untuk kering secara alami. Pastikan karpet Anda tidak terpapar sinar matahari langsung. Kalau bagian permukaan karpet sudah kering, Anda dapat membalik karpet tersebut supaya bagian bawahnya juga kering. Untuk menghindari karpet terkena kotoran lagi, Anda dapat membentangkan karpet dengan beralaskan beberapa kursi untuk menyangga karpet di sisi kanan, tengah, dan kiri.

Tidak cukup sampai di situ, setelah karpet kering, ambil lagi vacuum cleaner Anda dan gunakan untuk mengurai serat-serat karpet yang tadi menyatu ketika proses pencucian atau pengeringan. Terakhir, kembalikan karpet Anda ke posisi semula dan dapati karpet Anda dalam kondisi bersih seperti baru kembali.

Memilih Warna Karpet yang Tepat

Bagaimana? Ternyata memiliki karpet memberikan Anda banyak keuntungan, bukan? Di samping itu, proses pembersihan karpet juga tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda hanya perlu meluangkan waktu di antara hari-hari sibuk Anda sebulan atau beberapa bulan sekali, tergantung tingkat kekotoran karpet, untuk membersihkan karpet secara menyeluruh. Sekarang, kalau Anda sudah tertarik untuk menggunakan karpet pada rumah atau apartemen Anda, tantangan yang harus Anda hadapi adalah pemilihan warna karpet yang sesuai.

Odoo CMS- Sample image floating

Memilih warna karpet bisa jadi perkara yang mudah, tapi bagi sebagian orang, memilih warna adalah proses yang susah. Apalagi kalau ruangan yang mau Anda tambahkan sentuhan karpet sudah terisi oleh furnitur dan perabot yang warnanya sudah harmonis dengan warna cat dinding dan lantai. Untuk itu, berikut ini panduan singkat memilih warna karpet supaya cocok untuk ruangan Anda.

1. Ingatlah Warna Lantai dengan Baik

Saat berkunjung ke toko karpet, Anda tidak mungkin membawa-bawa lantai Anda. Meskipun di dunia modern ini, Anda dapat memotret lantai Anda untuk memastikan Anda tidak salah pilih karpet untuk warna lantai Anda. Meskipun begitu, Anda tetap perlu mengingat dengan baik warna lantai Anda untuk merasakan betul kesesuaian warna lantai dengan karpet yang akan Anda beli.

Waktu Anda memilih warna atau motif karpet, pastikan warna dan coraknya tidak sama persis dengan warna lantai Anda. Apalagi kalau Anda ingin membeli area rug yang tidak menutupi seluruh lantai. Kalau Anda memilih karpet yang warnanya persis sama dengan lantai Anda, maka karpet tersebut menjadi tidak berguna karena tidak terlihat bahwa ada karpet dipasang di area tersebut. Bahkan, hal tersebut bisa membahayakan karena bisa membuat orang yang tidak menyadari keberadaan karpet tersebut tersandung ketika berjalan di sekitarnya.

Selain warna lantai, ingat juga apa warna tembok Anda. Warna karpet sangat berhubungan dengan lantai dan tembok karena peletakkannya yang begitu dekat dengan dua bidang tersebut. Maka dari itu, kesesuaian warna antara lantai, karpet, dan tembok harus sangat diperhatikan agar tercipta desain interior yang harmonis.

2. Gunakanlah Warna Kontras

Warna kontras di sini tidak secara khusus berarti warna-warna mencolok, melainkan warna yang berbeda dengan warna lainnya. Bisa jadi warna yang lebih tua atau muda namun tetap senada ataupun warna yang benar-benar berbeda dari warna lantai, dinding, dan furnitur lainnya. Contohnya, Anda memiliki ruang tamu yang playful dengan warna-warna pastel, mulai dari warna dinding soft pink, lantai berwarna putih, dan sofa dengan warna baby blue. Di sini, Anda dapat menggunakan karpet berwarna kontras, yaitu warna kuning muda yang masih masuk ke dalam tone warna pastel atau warna pink yang lebih tua dari warna dinding Anda.

3. Pilihlah Nuansa yang Segar

Anda tentu tidak ingin ruangan terlihat muram. Karenanya, gunakanlah karpet yang bisa membawa nuansa kesegaran yang tidak berlebihan. Walaupun Anda memiliki konsep ruangan monokrom dengan dinding berwarna putih, sofa kulit hitam, dan lantai putih bersih, Anda tetap bisa memberikan kesan segar tanpa merusak konsep monokrom Anda. Caranya adalah dengan memilih karpet berwarna abu-abu muda. Sementara kalau Anda ingin lebih bermain-main dengan karpet Anda, pilihlah karpet bermotif dedaunan atau bunga. Intinya, warna cerah dan motif tumbuhan akan membawa kesan segar yang Anda inginkan.

4. Sesuaikanlah dengan Furniture

Kalau furniture Anda bertema klasik dengan kayu ukir dan lapisan beludru, maka karpet berbulu tebal dengan motif corak kulit hewan tidak akan cocok dipadukan dengan furnitur tersebut. Pilihlah karpet yang tidak terlalu tebal tanpa motif dengan warna yang sama dengan bagian lapisan sofa atau kerangka furnitur yang dominan. Atau Anda juga bisa memilih karpet dengan motif klasik kalau lapisan sofa Anda polos tanpa motif. Menyesuaikan karpet dengan furnitur sangatlah penting karena kedua elemen tersebut saling bersentuhan sehingga harus terlihat padu.

Menentukan Ukuran Karpet yang Pas

Odoo CMS- Sample image floating

Warna karpet yang sesuai sudah Anda dapatkan. Sebenarnya, sembari memilih warna karpet, Anda juga harus sekalian memerhatikan ukuran karpet supaya pas dengan ruangan Anda. Anda bisa memilih karpet yang menutupi lantai secara menyeluruh dan dipasang permanen atau hanya area rug yang biasanya diletakkan di bawah furnitur dan tidak menutupi seluruh lantai ruangan. Ini dia cara-cara yang bisa membantu Anda mendapatkan ukuran karpet yang pas.

Untuk Kamar Tidur

Ada beberapa cara meletakkan karpet di kamar tidur. Pertama, Anda bisa menggunakan runners atau karpet berbentuk persegi panjang yang tidak terlalu lebar. Letakkan dua buah runners dengan motif atau warna yang sama pada sisi kanan dan kiri tempat tidur supaya terlihat seimbang. Kedua, Anda bisa menaruh karpet di bawah tempat tidur dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran tempat tidur Anda. Cara ini berfungsi untuk mempertegas area tempat tidur yagn merupakan focal point dari sebuah kamar tidur.

Untuk Ruang Makan

Pilihan terbaik untuk meletakkan karpet di ruang makan adalah dengan memastikan meja dan seluruh kursi makan masuk di dalam karpet. Jangan biarkan ada kaki kursi yang berada di luar karpet untuk menunjukkan kesatuan dan keakraban di waktu santap bersama orang-orang tersayang. Karpet sebaiknya berukuran lebih besar dari keseluruhan meja serta kursi makan, namun tidak sampai memenuhi seluruh ruangan.

Untuk Ruang Tamu

Beragam cara menata karpet untuk ruang tamu bisa Anda terapkan. Misalnya, sofa Anda diletakkan menempel pada dinding, Anda tidak perlu karpet yang terlalu lebar. Setidaknya, pastikan dua kaki depan sofa dan armchair Anda masuk ke dalam area karpet dan tentunya coffee table berada di tengah karpet. Kemudian, untuk Anda yang memiliki ruang tamu sempit, bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dengan karpet. Gunakanlah karpet berukuran kecil untuk diletakkan di bawah coffee table. Sebaliknya, kalau ruang tamu Anda luas, Anda bisa memakai karpet yang menutupi seluruh lantai Anda.

Untuk Dapur

Tidak ada larangan untuk meletakkan karpet di dapur. Apalagi sekarang sudah banyak video atau foto yang menunjukkan bagaimana karpet dapat mempercantik dekorasi dapur. Untuk di dapur Anda, ada dua area yang bisa Anda beri karpet sebagai pemanis ruangan, yaitu karpet kecil di depan sink. Berdiri di depan sink biasanya memerlukan waktu cukup lama dan karpet kecil yang diletakkan di depan sink ini tidak hanya akan mempercantik dapur Anda, namun juga akan menjadi alas pijakan yang nyaman.

Macam-macam Model Karpet

Odoo CMS- Sample image floating

Model karpet bisa jadi teramat banyak jika dibahas seluruhnya di sini. Tapi setidaknya, ada beberapa model yang paling sering dijumpai di toko karpet seperti berikut ini.

Tradisional

Apa yang muncul di pikiran Anda ketika Anda mendengar karpet tradisional? Ya, motif bunga-bunga. Tidak hanya motif bunga, tetapi juga sulur dan dedaunan. Biasanya, karpet tradisional identik dengan warna merah cerah, keemasan, atau biru gelap. Karpet ini aslinya berasal dari Persia dan terbuat dari wol, katun, atau sutra. Untuk Anda yang memiliki konsep interior ruangan klasik, pastikan Anda memilih jenis karpet ini.

Dhurry

Karpet yang dijual dengan harga terjangkau salah satunya adalah karpet dhurry. Karpet ini merupakan karpet dengan tenunan datar yang membuat teksturnya tidak terlalu menonjol. Ciri khas dari karpet dhurry adalah motif geometris atau simetris dalam berbagai pilihan warna. Seringnya, karpet ini dibuat di India dengan material katun, wol, atau rami. Keunikan dari karpet dhurry adalah bisa membawa keceriaan dan kedinamisan dalam ruangan, makanya akan cocok ditempatkan di kamar anak atau ruang kerja. Selain itu, karpet ini juga dapat dibolak-balik, jadi kalau salah satu sisinya sudah mulai pudar warnanya, Anda hanya perlu membaliknya.

Kilim

Mirip dengan karpet dhurry, karpet kilim juga merupakan karpet yang ditenun datar. Hanya saja, karpet ini memiliki tenunan yang lebih rapat. Diproduksi di Balkan hingga Pakistan, karpet kilim memiliki motif khas, yaitu garis-garis kecil berwarna navy, hijau, kecokelatan, dan merah. Kemudian, ada pula motif geometris berukuran sangat kecil di antara garis-garis tersebut. Tempat paling tepat untuk meletakkan karpet model ini adalah di ruangan yang sering menjadi area lalu-lalang orang.

Overdyed

Karpet overdyed terkenal sebagai karpet yang memiliki warna yang vivid dan cerah. Salah satu bentuk karpet overdyed adalah karpet tradisional yang diberi satu warna kontras pada seluruh permukaannya, bahkan di atas motifnya sehingga hanya ada satu warna menonjol pada karpet tersebut. Penggunaan karpet dengan warna vivid seperti ini akan membuat ruangan tampak lebih luas dan lebih hidup.

Ikat

Ikat merupakan kain tenun khas Indonesia yang terkenal mendunia. Kalau Anda suka motif-motif etnik, tentunya Anda bisa memilih karpet ikat untuk ruangan Anda. Akan tampak mempesona jika Anda meletakkan karpet ikat pada ruangan yang minimalis sehingga karpet tersebut menjadi pusat perhatian ruangan yang membawa nuansa eksotis Indonesia.

Moroko

Karpet Moroko, seperti namanya, asli dari Moroko. Karpet ini merupakan karpet yang berbulu tebal karena dibuat dengan tujuan untuk memberikan kehangatan. Walaupun begitu, ada juga versi yang lebih tipis untuk penggunaan daerah tropis. Meletakkan karpet ini di kamar tidur akan memberikan kenyamanan menyenangkan untuk Anda.

Berbagai Jenis Karpet yang Ada

Kalau sebelumnya membahas model karpet, berikut ini akan dibahas mengenai beberapa jenis karpet. Jenis karpet dibedakan berdasarkan material pembuatan yang digunakan.

Wol

Odoo CMS- Sample image floating

Sudah dapat Anda bayangkan bagaimana hangat dan lembutnya karpet yang terbuat dari wol. Memang begitulah sensasi yang akan Anda dapatkan dari karpet tenunan tangan berbahan dasar wol. Keistimewaan dari karpet berbahan wol adalah anti-noda secara natural karena kandungan minyak alami yang mampu mencegah kotoran menempel. Juga, wol merupakan bahan yang awet sehingga karpet wol akan cocok diletakkan pada area yang banyak dilewati orang.

Serat Natural

Karpet yang teksturnya sangat terasa adalah karpet yang terbuat dari serat natural seperti rami dari India, sisal yang biasa ditanam di Afrika, atau lamun—sejenis rumput yang hidup di dasar laut. Bahan-bahan tersebut dapat membuat karpet menjadi sangat tahan lama. Karpet berserat natural yang biasa memiliki motif geometris ini bisa diletakkan di ruang apapun.

Katun

Memiliki karpet yang perawatannya mudah adalah idaman setiap orang. Kalau Anda juga ingin karpet yang mudah dirawat, pilihlah karpet berbahan katun yang tidak hanya mudah dirawat, tapi juga harganya yang cenderung lebih ramah dibandingkan karpet berbahan lain. Tersedia banyak warna dan motif untuk karpet katun, sehingga Anda bisa memiliki beberapa karpet katun untuk perubahan suasana ruangan.

Sintetis

Karpet sintetis dibuat dengan mesin dan kualitasnya mampu menyerupai karpet buatan tangan yang menggunakan bahan natural ataupun wol. Bedanya, karpet sintetis dirancang lebih tahan lama, tidak mudah kotor ataupun rusak. Karpet ini juga tahan lama dan warnanya awet sehingga bisa diletakkan di ruang tamu yang kerap kali berisi banyak orang. Selain memiliki banyak kelebihan, karpet dengan material sintetis harganya sangat terjangkau, sehingga Anda bisa sering-sering mengganti karpet Anda jika sudah bosan.

Cara Memilih Karpet yang Cerdas

Lengkap sudah informasi Anda seputar karpet! Sekarang, saatnya Anda memilih karpet untuk ruangan Anda dengan cara yang cerdas sehingga Anda bisa mendapatkan karpet yang berkualitas.

Pastikan Ruangan yang Membutuhkan Karpet

Odoo CMS- Sample image floating

Kalau sebelumnya Anda belum pernah menggunakan karpet di rumah, Anda bisa memulai dengan menggunakan karpet pada satu ruangan terlebih dahulu. Tentukan satu ruangan yang sering Anda gunakan sehingga Anda dapat merasakan keuntungan menggunakan karpet dan terbiasa dengan perawatan ruangan berkarpet. Misalnya, Anda bisa mulai dari kamar tidur Anda, ruangan di mana Anda bebas berekspresi dan berkreasi tanpa memusingkan komentar orang. Anda bisa mencoba karpet apapun yang sesuai dengan keinginan Anda. Nantinya, kalau Anda sudah mulai merasa nyaman dengan penggunaan karpet di ruangan, Anda bisa menambahkan sentuhan karpet di ruangan lain.

Mulai dengan Membuat Perencanaan Ruangan

Setelah Anda tahu ruangan mana yang akan diberi karpet, jangan terburu-buru langsung membeli karpet karena Anda harus membuat perencanaan ruangan terlebih dahulu. Lihatlah bagaimana posisi furnitur di ruangan tersebut dan ketahui ukuran ruangan. Kemudian, Anda bisa memperkirakan karpet dengan ukuran seberapa yang bisa membuat ruangan terlihat lebih estetik dan seimbang. Lihat lagi pembahasan mengenai penempatan karpet untuk beberapa ruangan di atas.

Pilih Material yang Paling Disukai dan Nyaman

Material karpet merupakan hal penting yang harus dipilih dengan saksama karena Anda tentunya tidak ingin berjalan, duduk, atau rebahan di atas karpet yang materialnya membuat Anda gatal, kedingininan, atau kepanasan. Sesuaikan material karpet dengan kondisi ruangan. Misalnya, Anda bisa memilih material wol yang agak tebal untuk karpet di kamar tidur yang menggunakan pendingin ruangan dan karpet bermaterial katun yang lebih tipis untuk di ruang tamu. Atau gunakan karpet dengan material yang tahan lama untuk ruangan yang sering dilalui orang supaya karpet tidak mudah menipis atau memudar seiring penggunaan. Tidak perlu memaksakan menggunakan karpet yang tidak sesuai materialnya dengan kondisi ruangan karena nantinya malah akan merepotkan Anda.

Tentukan Motif yang Cocok dengan Selera dan Interior

Motif karpet harus sesuai dengan selera dan interior. Sekalipun Anda suka motif yang meriah, tapi kalau interior Anda sudah cukup ramai, sebaiknya Anda tidak nekat memilih karpet bermotif ramai karena bisa membuat ruangan terlihat penuh dan kurang nyaman dinikmati secara visual. Paling aman adalah memilih karpet polos jika Anda bingung memilih motif yang pas. Sekalipun karpet yang Anda pilih adalah karpet polos, pastikan warnanya sesuai dengan elemen-elemen di sekitarnya supaya tercipta keharmonisan interior yang apik.

Itulah panduan lengkap dan informatif seputar pemilihan karpet yang berkualitas. Pastikan Anda mendapatkan karpet terbaik untuk ruangan di rumah atau apartemen Anda karena karpet ternyata tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja. Selamat berburu karpet!


Image source: brosa.com.au