0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

8 Model Karpet yang Harus Anda Ketahui

8 Model Karpet yang Harus Anda Ketahui

8 Model Karpet yang Harus Anda Ketahui

Ada berbagai model karpet, namun rumah Anda setidaknya memerlukan satu model yang benar-benar cocok. Coba kenali dulu beberapa model karpet berikut ini!

Cara memilih karpet salah satunya adalah dengan mempertimbangkan modelnya. Model karpet akan sangat berkaitan dengan konsep ruangan. Pemilihan model karpet yang tidak pas dengan konsep ruangan bisa membuat ruangan terlihat penuh, aneh, ataupun tidak artistik secara visual. Anda tidak perlu khawatir tentang memilih model karpet karena ada banyak sekali model karpet yang tersedia di pasaran saat ini. Untuk memilih model karpet yang tepat, Anda harus melihat dan merasakan dengan saksama apakah karpet tersebut dapat menyatu dengan unsur-unsur yang sudah ada di dalam ruangan, seperti furnitur, dekorasi, cat dinding, dan lain sebaginya. Akan memudahkan Anda jika pemasangan karpet dilakukan sebelum mengisi ruangan, sehingga karpet yang Anda pasang di ruangan yang masih kosong tersebut bisa menjadi patokan memilih pengisi ruangan lainnya.

Sebelum berbicara lebih lanjut seputar model-model karpet yang paling banyak digunakan, sebaiknya Anda ketahui dulu fungsi karpet untuk kediaman Anda. Hal ini akan menuntun Anda untuk mengetahui keuntungan menggunakan karpet, sehingga Anda dapat memaksimalkan fungsi karpet Anda. Nantinya setelah Anda tahu 8 model karpet yang umum dipakai, Anda pun akan mengetahui cara-cara meletakkan karpet supaya menjadikan ruangan terlihat apik.

Fungsi Karpet Untuk Kediaman Anda

Karpet merupakan benda dekorasi yang terkadang terabaikan atau tidak banyak dilirik di Indonesia. Berbeda dengan di luar negeri, karpet menjadi kebutuhan dekorasi yang penting untuk sebuah ruangan. Padahal, banyak fungsi penting karpet yang sebaiknya tidak Anda abaikan untuk membuat rumah Anda menjadi lebih nyaman serta aman. Berikut ini fungsi-fungsi karpet yang dipasang di rumah atau apartemen.

Memberi Keamanan

Odoo CMS- Sample image floating

Ternyata peran karpet bagi keamanan penghuni rumah cukup besar. Apalagi jika Anda tinggal bersama orang yang sudah berusia lanjut atau anak-anak. Keberadaan karpet di rumah akan memberi keamanan ekstra bagi mereka. Pasanglah karpet di seluruh permukaan lantai untuk menghindari lantai yang licin dan beresiko membuat terpeleset. Selain menghindari resiko tersebut, karpet juga akan meminimalisir cedera apabila ada orang atau anak kecil yang terjatuh, terlebih jika karpet yang dipasang memiliki ketebalan yang medium, sehingga lebih empuk dan aman.

Tidak hanya untuk manusia, namun karpet juga mampu mengamankan furnitur dan barang dekorasi Anda. Ada furnitur dan barang dekorasi dengan bahan tertentu yang memiliki kaki atau bagian alas yang licin, sehingga mudah bergeser. Dengan memasang karpet di bawah furnitur atau barang dekorasi yang memiliki kecenderungan seperti itu, maka Anda pun sudah membuatnya lebih aman dari resiko bergesernya atau terjatuhnya benda tersebut. Lebih lanjut lagi, karpet juga akan melindungi lantai Anda dari bekas akibat benda berat yang diletakkan dalam waktu lama di satu posisi yang sama. Misalnya saja Anda meletakkan sebuah pot atau guci besar di pojok ruangan dan tidak memindahkannya dalam tempo waktu bulanan hingga tahunan, maka ada kemungkinan posisi alas pot atau guci tersebut menimbulkan bekas yang akan sulit dihilangkan di lantai Anda. Tapi, kalau Anda memasang karpet sebelum meletakkan benda tersebut, maka lantai Anda pun tidak akan ternoda.

Menawarkan kenyamanan

Kenyamanan yang ditawarkan karpet tidak dapat terelakkan lagi. Karpet berfungsi untuk memberikan kenyamanan ketika berjalan dan duduk. Fungsi karpet ini terutama akan Anda dapatkan pada karpet dengan bahan lembut dan berbulu. Dipasang di ruang tamu, karpet berfungsi untuk membuat nyaman kaki Anda dan orang yang berkunjung ke rumah Anda sembari duduk santai di sofa. Begitu pula jika karpet diletakkan di kamar tidur dan posisinya berada di samping tempat tidur. Ketika bangun tidur, Anda tidak akan langsung dikagetkan dengan dinginnya lantai Anda, namun sebelumnya kaki Anda dapat berpijak pada karpet tersebut hingga Anda mendapatkan kenyamanan yang cukup sebelum menginjak bagian lantai lain yang tidak berkarpet. Lalu, memasang karpet di area yang biasa digunakan anak untuk bermain akan membuat mereka nyaman setiap melangkah.

Sementara untuk kenyamanan duduk, di Indonesia utamanya, karpet kerap digunakan sebagai alas duduk ekstra di samping kursi atau sofa. Duduk di karpet yang lembut dan empuk dapat memberikan kenyamanan bagi Anda, apalagi kalau area berkarpet tersebut memang dibuat untuk duduk berlama-lama. Tidak ada salahnya juga memasang karpet di ruang terbuka seperti gazebo, patio, atau teras sebagai alas untuk duduk atau berbaring santai menikmati waktu. Hanya saja, Anda harus memastikan karpet tersebut tahan terhadap sinar matahari dan kelembapan sehingga karpet tidak mudah rusak atau malah menimbulkan ketidaknyamanan karena teksturnya menjadi kasar akibat paparan sinar matahari, bahkan menimbulkan bau kurang sedap akibat embun dan percikan air hujan.

menjaga kesehatan

Bagaimana bisa karpet menjaga kesehatan padahal selama ini banyak orang enggan menggunakan karpet karena takut terkena penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan atau alergi lainnya? Sekarang ini sudah ada karpet yang justru mampu menangkap bakteri-bakteri penyebab alergi, sehingga ruangan Anda menjadi beresiko rendah sebagai medium penyebab timbulnya penyakit. Hal yang penting adalah Anda harus memperhatikan kebersihan karpet Anda dengan baik dan benar.

Bersihkanlah karpet Anda secara rutin dengan cara yang tepat. Untuk sehari-hari, Anda dapat membersihkan karpet Anda menggunakan vacuum cleaner, tapi jangan lupa juga bersihkan bagian bawah karpet dan pastikan seluruh permukaan karpet sudah dilewati vacuum cleaner dengan mengulangi pembersihan setidaknya dua kali. Kemudian, setiap sebulan sekali setidaknya Anda mencuci karpet Anda. Ada karpet yang dapat dicuci dengan mesin cuci, namun untuk karpet besar atau karpet yang terbuat dari material yang tidak memungkinkan untuk dicuci mesin cuci, Anda perlu menyikatnya dengan sabun khusus dan sikat lembut. Kemudian, keringkan dengan benar supaya tidak berbau atau berjamur. Setelah kering, gunakan vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada kotoran tersisa.

Source: sctigerbay.club Inilah fungsi karpet yang pastinya tidak dapat terlewatkan. Bahkan banyak yang hanya berpikiran bahwa karpet hanya berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih cantik saja, padahal ada fungsi-fungsi lain seperti yang sudah dijelaskan sebelum ini. Dalam hal mempercantik ruangan, karpet dapat dipasang dengan berbagai cara. Cara yang umum adalah memasangnya di lantai, sebagaimana mestinya. Tapi, Anda bisa berkreasi dengan memasang karpet di dinding.

Hanya saja, untuk mendekor ruangan menggunakan karpet, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Seperti keseimbangan ukuran karpet dengan ukuran ruangan, kecocokan warna dan motif karpet dengan warna-warna yang ada di dalam ruangan, serta pas atau tidaknya model karpet dengan konsep ruangan yang sudah terbangun. Selanjutnya, Anda akan mengetahui model-model karpet yang bisa dijadikan panduan ketika Anda ingin menentukan karpet yang cocok untuk ruangan Anda.

mempercantik ruang

Odoo CMS- Sample image floating

Inilah fungsi karpet yang pastinya tidak dapat terlewatkan. Bahkan banyak yang hanya berpikiran bahwa karpet hanya berfungsi untuk membuat ruangan menjadi lebih cantik saja, padahal ada fungsi-fungsi lain seperti yang sudah dijelaskan sebelum ini. Dalam hal mempercantik ruangan, karpet dapat dipasang dengan berbagai cara. Cara yang umum adalah memasangnya di lantai, sebagaimana mestinya. Tapi, Anda bisa berkreasi dengan memasang karpet di dinding.

Hanya saja, untuk mendekor ruangan menggunakan karpet, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Seperti keseimbangan ukuran karpet dengan ukuran ruangan, kecocokan warna dan motif karpet dengan warna-warna yang ada di dalam ruangan, serta pas atau tidaknya model karpet dengan konsep ruangan yang sudah terbangun. Selanjutnya, Anda akan mengetahui model-model karpet yang bisa dijadikan panduan ketika Anda ingin menentukan karpet yang cocok untuk ruangan Anda.

8 model karpet untuk referensi anda

Ada beberapa model karpet yang bisa Anda jadikan referensi untuk memilih karpet. Nama-nama model karpet biasa diambil dari nama daerah tempat karpet tersebut pertama kali dibuat. Namun, seiring berjalannya waktu, nama tersebut tidak mengindikasikan bahwa sebuah karpet benar-benar berasal dari daerah tersebut, namun modelnya-lah yang menjadi acuan. Dari sekian banyak karpet yang ada, 8 karpet di bawah ini adalah karpet yang banyak dikenal dan digunakan di seluruh dunia.

karpet tibet

Odoo CMS- Sample image floating

Seperti namanya, karpet Tibet adalah karpet yang dibuat oleh orang Tibet yang tinggal di Nepal. Karpet Tibet ini terbuat dari bahan wol yang berasal dari bulu domba Tibet. Wol tersebut membuat karpet Tibet terlihat unik karena tenunan dan pewarnaannya. Model karpet ini dianggap sebagai bentuk sesungguhnya dari pekerjaan yang didasarkan ketekunan dan kecintaan akan pembuatan karpet karena dibutuhkan waktu tiga hingga empat bulan untuk menyelesaikan sebuah karpet dari nol.

karpet sari

Odoo CMS- Sample image floating

Sari merupakan kain tradisional yang berasal dari India. Tidak hanya digunakan sebagai bahan pakaian, ternyata sisa-sisa bahan dasar sari yang sudah dibuat selendang atau pakaian bisa digunakan untuk membuat karpet halus nan cantik. Di India, karpet ini ditenun manual dengan tangan dan merupakan pilihan karpet yang ramah lingkungan karena proses pembuatannya yang menggunakan bahan sisa kain sehingga menjadi sebuah barang baru yang berkualitas tinggi.

karpet ikat

Odoo CMS- Sample image floating

Siapa tidak kenal kain Ikat? Ikat adalah kain tradisional Indonesia yang sudah mendunia bersama batik. Di dunia internasional, ikat biasanya kalau tidak diketaui berasal dari Indonesia, akan biasa juga disebut asalnya dari Asia. Istilah “ikat” sendiri berasal dari cara proses pewarnaannya yang menggunakan cara mengikat bagian-bagian kain tertentu untuk menciptakan motif. Dengan mengikat beberapa bagian kain, maka akan ada bagian kain yang terkena pewarna dan ada yang tidak. Hal ini nantinya dapat menghasilkan motif yang cantik dan unik.

karpet gabbeh

Odoo CMS- Sample image floating

Nama Gabbeh mungkin terdengar asing di telinga Anda. Gabbeh sendiri merupakan model karpet tribal yang dibuat di Iran, yang dulunya adalah Persia. Di dalam bahasa Persia, Gabbeh berarti mentah atau natural. Kata tersebut mengarah pada jenis tekstur tenunan yang cenderung kasar dan keras untuk membuat karpet.

karpet moroko

Odoo CMS- Sample image floating

Bisa dibilang bahwa karpet Moroko merupakan karpet yang paling mahal di kalangan model karpet lainnya. Hal tersebut dikarenakan karpet Moroko memiliki nilai sejarah yang tinggi dan karpet Moroko yang asli buatan Moroko termasuk sulit untuk didapatkan saat ini. Meskipun harganya tinggi dibandingkan karpet-karpet lainnya, nilai tersebut dianggap sepada dengan keunikan, kecantikan, dan kesederhanaan yang hadir dalam sebuah karpet Moroko. Makanya tak heran, bagi orang yang menghargai seni, mereka tidak segan menginvestasikan uang mereka untuk membeli karpet seperti ini.

karpet tribal

Odoo CMS- Sample image floating

Kebanyakan orang beranggapan bahwa karpet tribal hanyalah karpet dengan desain tribal pada umumnya, yang memang sangat populer karena mampu memberikan keunikan motif dan warna tanpa membuatnya terlihat terlalu berlebihan. Padahal sebenarnya yang dimaksud dengan karpet tribal adalah lebih ke cara pembuatannya. Karpet tribal juga termasuk ke dalam karpet yang ditenun menggunakan tangan, biasanya oleh orang-orang nomaden menggunakan alat tenun yang dapat dibawa ke mana-mana. Karena hal tersebut, biasanya karpet tribal memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan model karpet lainnya.

karpet persia

Odoo CMS- Sample image floating

Nama karpet Persia tentunya sudah acapkali didengar ketika membicarakan tentang karpet. Awalnya, karpet Persia mengindikasikan sebuah karpet yang berasal dari Persia, yang sekarang dikenal sebagai Iran. Tapi sekarang ini, jika Anda menyebutkan karpet Persia, maka yang dimaksud adalah karpet yang dibuat dengan cara yang sama bagaimana karpet asal Persia dulunya dibuat. Tidak lagi berpatokan pada daerah asalnya, namun pada cara pembuatannya. Tenunan yang digunakan untuk membuat karpet Persia dianggap unik sehingga membedakannya dengan model karpet oriental lainnya.

karpet kontemporer

Odoo CMS- Sample image floating

Karpet kontemporer merupakan karpet masa kini yang biasanya diproduksi dengan menggunakan mesin. Ciri khas dari karpet kontemporer adalah warna dan desainnya yang tegas. Berbeda dengan model-model karpet lainnya yang biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti bulu hewan atau tanaman berdaun, karpet kontemporer dibuat dari campuran bahan alami dengan bahan sintetis atau sepenuhnya menggunakan bahan sintetis. Kualitas bahan sintetisnya pun dapat dilihat dari harga jualnya serta kenyamanan teksturnya.

variasi cara meletakkan karpet

Meletakkan karpet ada banyak pilihannya karena posisi karpet akan mempengaruhi tampilan estetik ruangan. Kalau Anda salah meletakkan karpet, bisa jadi karpet Anda tidak terlihat atau terlalu banyak terekspos atau bahkan terlihat aneh. Untuk menghindari keanehan dalam memasang karpet, maka simaklah variasi cara meletakkan karpet berikut ini.

sebagai alas

Menggunakan karpet sebagai alas merupakan cara memasang karpet yang kerap kali digunakan. Penggunaan karpet sebagai alas yang utama adalah dengan memasang karpet menutupi seluruh lantai ruangan, sehingga karpet tersebut menjadi alas furnitur dan alas berjalan atau duduk. Kemudian, karpet sebagai alas juga dapat diterapkan menggunakan karpet yang ukurannya tidak seluas ruangan Anda. Caranya mudah saja, bentangkan karpet pada area yang sudah ada rencanakan, kemudian letakkan furnitur di atasnya. Cara ini bisa dilakukan di ruang tamu dengan meletakkan sofa dan coffee table di atas karpet sepenuhnya atau hanya sebagian saja, tergantung ukuran karpet dan ruangan. Sementara untuk peletakkan dengan cara ini di kamar tidur, biasanya karpet sebagai alas digunakan untuk mengalasi tempat tidur. Tentunya diperlukan karpet yang ukurannya lebih besar dari tempat tidur Anda supaya karpet tidak tertutupi dan justru jadi tidak berguna.

di bawah

Odoo CMS- Sample image floating

Memasang karpet di bawah berbeda dengan memasangnya sebagai alas. Maksud dari memasang karpet di bawah adalah di sisi bawah sebuah furnitur atau benda dekorasi. Contohnya adalah di kamar tidur, sebuah tempat tidur dikatakan memiliki bagian kepala dan kaki. Pemasangan karpet di bagian bawah tempat tidur bukanlah di bagian kolongan tempat tidur, melainkan di sisi kaki tempat tidur. Memang peletakkan karpet dengan cara ini tidak memiliki banyak fungsi karena tujuannya adalah sebagai dekorasi saja atau penyeimbang ukuran panjang tempat tidur yang dirasa kurang proporsiona dengan ukuran ruangan, kemudian ditambahkan keberadaan karpet tersebut. Biasanya yang digunakan hanyalah karpet berukuran kecil.

Karpet di bawah sebuah dekorasi bisa dilihat pada pemasangan karpet kecil di depan dinding yang ada cerminnya. Tujuan pemasangan karpet tersebut adalah sebagai penyeimbang kecantikan visual ruangan karena keberadaan cermin di dinding. Selain itu, karpet tersebut juga akan membuat Anda lebih nyaman ketika harus berdiri agak lama di depan cermin.

di samping

Kamar tidur merupakan ruangan yang termasuk paling fleksibel untuk berkreasi dengan pemasangan karpet. Anda bisa memasang karpet Anda bahkan di samping tempat tidur. Memasang karpet di samping tempat tidur tidak hanya mempercantik kamar tidur Anda, tapi juga akan memberikan Anda kenyamanan ketikan pertama kali menjejakkan kaki ke lantai setelah berbaring lama di tempat tidur. Letakkanlah karpet di sisi tempat tidur di mana Anda biasanya turun dari tempat tidur Anda. Kalau setiap bangun tidur Anda akan turun dari sisi kanan tempat tidur, maka letakkan karpet tersebut di sisi kanan tempat tidur Anda. Jadi, kaki Anda akan langsung menjejak karpet yang nyaman sebelum melanjutkan langkah dan aktivitas Anda. Untuk karpet yang dipasang seperti ini, akan lebih baik jika Anda memilih karpet yang lembut dan agak tebal untuk kenyamanan kaki Anda.

di depan

Pemasangan karpet di depan furnitur bisa hanya sebagai dekorasi, tapi bisa juga memiliki fungsi yang lebih dari itu. Di ruang tamu, jika Anda hanya memiliki karpet berukuran kecil yang tidak cukup untuk diletakkan sebagai alas seluruh sofa serta coffee table, maka Anda bisa meletakkannya di depan kaki depan sofa Anda. Biasanya dengan peletakkan karpet seperti ini, agar tidak terlihat tanggung, maka coffee table akan dipilih ynag berukuran kecil untuk diletakkan di samping sofa sehingga membiarkan area di depan sofa hanya diisi dengan karpet tersebut. Karpet yang dipasang seperti ini akan memberikan kenyamanan bagi kaki Anda ketika duduk di sofa. Atau jika Anda menerapkan pemasangan karpet ini di ruang keluarga, maka Anda bisa menggunakan karpet tersebut sebagai alas duduk ekstra ketika berkumpul bersama banyak anggota keluarga. Sementara di dapur, Anda pun dapat meletakkan karpet di depan tempat cuci atau sisi meja dapur lainnya.

Itulah berbagai fungsi karpet, referensi 8 model karpet, dan cara pemasangan karpet yang dapat menjadi panduan Anda yang baru akan memasang karpet di kediaman Anda. Lakukan pemilihan dan pemasangan karpet dengan baik dan benar agar tercipta ruangan yang harmonis dan tentunya nyaman.


Image source: sfscentar.com