0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Apa Itu Sofa Minimalis?

apa itu sofa minimalis...?

Apakah yang muncul di benak Anda ketika membaca kata ‘minimalis’? Sesuatu yang murah ataukah sesuatu yang sederhana?

Di Indonesia, konsep minimalis cenderung membawa pada pemahaman bahwa produk, dalam hal ini furnitur, memiliki harga yang murah. Namun, dalam bahasa Inggris, arti kata ‘minimalist’ merupakan kata sifat yang merujuk pada desain dengan tampilan simpel atau basic yang minim hiasan.

Sudah beberapa waktu ini konsep minimalis banyak diterapkan dalam berbagai furnitur pengisi rumah. Akhirnya, banyak orang mencari-cari furnitur dengan konsep minimalis. Terutama untuk sofa, furnitur rumah yang banyak dicari dengan embel-embel minimalis. Kalau Anda juga tertarik untuk memiliki sofa minimalis, sebaiknya cari tahu dulu maksud dari konsep minimalis dalam dunia desain interior itu sendiri.

asal-muasal konsep minimalis

Odoo CMS- Sample image floating

Ada beberapa orang dan hal yang melatarbelakangi lahirnya konsep minimalis pada bangunan, furnitur, atau apapun. Pertama, ada seorang arsitek dari Jerman yang dijuluki sebagai salah satu pahlawan minimalis, Ludwig Mies van der Rohe (1886 – 1969). Selain menjadi tokoh kunci dari konsep minimalis, Van der Rohe merupakan salah satu bapak arsitketur modern. Kata-kata Van der Rohe sangatlah terkenal dan mungkin begitu akrab di telinga, yaitu “Less Is More” yang juga merupakan salah satu prinsip utama dari konsep minimalis.

Di samping itu, konsep minimalis juga terinspirasi dari desain tradisional Jepang. Dalam budaya Jepang, kesederhanaan merupakan sesuatu yang sangat dihargai. Karenanya, segala sesuatu yang dianggap tidak penting tidak akan dimasukkan ke dalam desain. Hal tersebut bisa dilihat pada rumah-rumah tradisional Jepang yang bentuknya sederhana, namun tetap fungsional.

prinsip-prinsip dasar konsep minimalis

Ada beberapa prinsip dasar dari konsep minimalis, yaitu bentuk yang simpel serta natural, permukaan yang rata, warna-warna pastel atau lembut, dan garis-garis yang tajam. Dewasa ini, konsep minimalis pun mengikuti perkembangan zaman, dengan mulai bermunculannya desain furnitur, bangunan, atau ruangan minimalis modern yang melibatkan bentuk yang lebih lembut, dengan agak mengurangi garis-garis tegas, permainan dengan warna yang lebih beragam, dan juga pemberian sedikit tekstur. Bahkan, konsep minimalis modern menggunakan bentuk-bentuk asimetris dan geometris yang mengedepankan bentuk daripada tujuan dari dibuatnya furnitur tersebut.

penerapan konsep minimalis

Di dalam desain interior, konsep minimalis ditunjukkan dengan keberadaan ruangan yang luas dengan furnitur dan detail atau dekorasi yang minimum. Elemen utama dari konsep minimalis adalah menjadikan bentuk, warna, dan tekstur sebagai pusat perhatian. Contoh penerapan konsep ini misalnya, di sebuah kamar dengan warna dominan abu-abu dan putih, diletakkan sofa berbentuk unik dengan warna merah menyala, serta bisa juga ditambah satu lukisan abstrak besar pada dinding lebar yang kosong.

Odoo CMS- Sample image floating

Sementara pada furnitur, konsep minimalis terlihat dari bentuk furnitur yang berbentuk ramping, kemudian dilapisi dengan warna netral berbahan kulit, seperti sofa two-seater berbahan faux leather warna cokelat gelap. Selain itu, permukaan furnitur yang mengkilap, garis-garis tegas, dan detail dengan stainless steel atau krom juga menjadi ciri khas furnitur untuk konsep minimalis. Keberadaan asesoris pada furnitur juga harus seminimal mungkin. Warna-warna furnitur mencolok biasa digunakan untuk menjadi titik fokus sebuah ruangan berkonsep minimalis. Tapi, ingatlah untuk hanya membuat satu titik fokus dengan warna mencolok ini, misalnya dengan menaruh sebuah cushion warna kuning di ruang keluarga.

Kemudian, untuk urusan warna, ada beberapa warna andalan untuk menonjolkan suatu ruangan atau furnitur memiliki konsep minimalis, salah satunya adalah putih. Warna putih yang digunakan pada dinding, furnitur, dan lantai adalah ‘warna juara’ untuk menunjukkan konsep minimalis. Namun, tidak hanya terbatas pada warna putih saja, ada warna lain yang masih bisa masuk ke dalam konsep minimalis, seperti warna abu-abu, hijau muda, dan krem. Hindari warna yang mencolok untuk bagian-bagian utama seperti dinding dan lantai.

sofa minimalis

Jadi, setelah mempelajari konsep minimalis secara sederhana di atas, dapat dimengerti bahwa sofa minimalis bisa disebut minimalis baik dari bentuknya yang simpel ataupun dari warnanya yang menggunaan warna netral. Dari sisi bentuk, sofa bisa disebut minimalis jika sofa berbentuk tegas cenderung kaku, dengan basic colors seperti hitam, abu-abu, krem, atau cokelat. Namun semakin ke sini, mulai bermunculan juga konsep sofa minimalis modern dengan lengkungan-lengkungan yang tetap menjadikan sofa terlihat simpel, unik, dan modern. Lalu, selain warna basic, warna sofa untuk konsep minimalis ini pun bisa memakai warna-warna mencolok, yang diterapkan pada model yang simpel, untuk ditempatkan di ruang monokrom.

Banyak sekali pilihan model sofa minimalis yang bisa membuat ruang tamu atau ruang keluarga Anda terlihat lebih masa kini. Jika Anda ingin memiliki sofa minimalis, pastikan Anda juga menyesukan desain interior ruangan Anda menjadi minimalis supaya konsep minimalis benar-benar tercipta. Karena tanpa perpaduan konsep ruang dan furnitur yang seimbang, maka konsep minimalis akan sulit terwujud.

Bagaimana? Sekarang setelah Anda lebih memahami tentang konsep minimalis, apakah Anda tertarik untuk merombak ruangan Anda dengan gaya minimalis yang simpel dan bisa menjadi pelepas stress karena minimalnya jumlah barang dalam sebuah ruangan? Selamat memilih warna dan furnitur yang cocok untuk ruangan baru Anda!


Image source: design-milk.com