0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Ciri-ciri Sofa Berkualitas Baik

Untitled Post

ciri - ciri sofa berkualitas baik

Membeli furnitur rumah tangga seperti sofa tidak bisa sembarangan. Pertama, tentu harus memerhatikan bentuknya, apakah cantik atau tidak untuk ditaruh di ruang tamu. Kedua, pertimbangkan apakah sofa tersebut dapat berfungsi maksimal. Ketiga, pastikan apakah sofa tersebut nyaman dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Karenanya, untuk mendapatkan sofa dengan kualitas baik, sofa yang akan Anda beli harus memiliki ciri-ciri seperti berikut.

kerangka yang kokoh

Odoo CMS- Sample image floating

Kerangka sofa merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Tanpa kerangka yang baik, maka sofa tidak akan awet. Kerangka dari kayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Tentunya, Anda harus memilih kayu dengan kualitas unggul seperti kayu mahoni, oak, cherry, atau kayu solid. Semakin berkualitas jenis kayu yang digunakan sebagai kerangka, maka akan semakin kokoh sofa tersebut. Kalau Anda kurang paham dengan jenis-jenis kayu kerangka pembuat sofa, jangan ragu untuk bertanya supaya Anda bisa memastikan bahwa Anda menentukan pilihan terbaik.

Setelah mengetahui bahan kerangka yang digunakan, tanyakanlah apa penyambung kerangkanya. Penyambung yang baik adalah pasak kayu atau sekrup. Hindari membeli sofa yang kerangkanya hanya disambung langsung dengan lem, staples, atau paku karena tidak akan mampu menopang beban, apalagi yang berlebih, terus-menerus dan menyebabkan usia sofa menjadi pendek karena cepat rusak.

busa yang awet

Ada dua jenis busa yang biasa digunakan sebagai isian sofa, yaitu polyurethane foam (busa PU) dengan high density dan low density. Density adalah kepadatan, yang berarti busa PU low density memiliki kepadatan yang kurang, sehingga terlalu empuk dan mudah kempes seiring pemakaiannya. Sementara busa PU high density merupakan busa yang baik dan tepat untuk isian sofa karena kepadatannya tinggi. Kepadatan yang tinggi tersebut membuat sofa memiliki keempukan yang pas dan usia busanya pun lebih panjang.

Odoo CMS- Sample image floating

Coba tanyakan apa bahan isian sofa yang akan Anda beli. Pastikan busa yang digunakan adalah busa terbaik dan awet. Cara mengeceknya adalah dengan menekan salah satu bagian sofa dan perhatikan apakah bentuknya kembali seperti semula dengan cepat atau tidak. Kalau sofa tersebut menggunakan busa yang bagus, maka setelah ditekan akan segera kembali ke bentuk semula, sepertu busa PU high density. Tapi, kalau busa yang digunakan adalah busa jelek, setelah Anda menekan sofa tersebut, maka akan lama kembali ke bentuk semula. Hal tersebut menunjukkan bahwa busa sofa mudah kempes dan tidak awet. Kalau Anda akan membeli sofa secara online, cek detail bahan isian sofa. Apabila kurang jelas, biasanya ada layanan online maupun offline customer service yang siap membantu mengatasi kebingungan Anda dalam proses pemilihan produk.

pelapis yang tepat

Odoo CMS- Sample image floating

Ciri sofa yang baik selanjutnya adalah jenis upholstery atau pelapisnya. Pelapis yang baik tentunya yang tidak terlalu tipis karena akan mudah sobek kalau sering digunakan. Pelapisnya bisa berupa kain atau kulit, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di mana Anda akan menempatkan sofa tersebut juga bisa menjadi bahan pertimbangan pelapis seperti apa yang tepat.

Ada beberapa pilihan jenis bahan pelapis sofa. Kalau Anda penyuka tampilan mewah yang mampu bertahan lama, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada lapisan berbahan kulit yang biasa terbuat dari kulit sapi. Tapi, Anda harus memastikan sofa berlapis kulit ini tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Lalu, ada bahan sintetis seperti nilon yang tahan air dan tidak mudah robek, sama seperti bahan polyester. Kemudian, untuk Anda yang suka tema klasik pada sofa Anda, pilihan bahan chenille yang lembut dirasa tepat karena memang biasa dipakai untuk sofa bergaya klasik. Ada pula bahan katun yang harganya murah, namun kalau tingkat kerapatan jahitannya tinggi, bahan katun bisa dijadikan pilihan. Kalau Anda ragu dengan kekuatan bahan katun, pilihlah bahan pelapis dari linen yang lebih kuat. Jadi, bahan pelapis yang baik adalah kulit, chenille, dan linen.

Selanjutnya, periksalah jahitan sofa. Anda harus benar-benar yakin bahwa jahitan sofa yang akan Anda beli itu rapi dan kuat. Kalau Anda membeli sofa bermotif, pastikan sambungan jahitan motifnya rapi sehingga tidak terasa mengganjal saat dilihat dan mengurangi kecantikan sofa tersebut.

kedalaman yang pas

Odoo CMS- Sample image floating

Kemudian, pastikan kedalaman sofa tersebut pas. Coba duduki sofa tersebut dan perhatikan, jika kaki Anda masih menggantung atau tidak bisa menyentuh lantai, maka sofa tersebut terlalu tinggi. Lalu, cobalah bersandar. Apabila sandaran sofa terasa terlalu jauh atau terlalu tegak, tentunya sofa tersebut belum memiliki kedalaman yang tepat. Pastikan Anda benar-benar nyaman duduk di sofa tersebut. Kalau Anda tidak bisa menjajal sofa secara langsung, periksa baik-baik dimensi sofa tersebut dan lihat gambarnya secara detail supaya Anda bisa memperkirakan kenyamanannya.

Tapi, pertimbangan kedalaman serta sandaran sofa juga perlu diseimbangkan dengan fungsi dan rencana penempatan sofa. Jika Anda ingin membeli sofa untuk di ruang tamu, sofa formal dengan sandaran cukup tegak bisa Anda pilih. Sementara kalau Anda ingin sofa untuk diletakkan di ruang keluarga, ada baiknya Anda memilih sofa dengan bentuk yang lebih fleksibel, yang sandarannya tidak terlalu tegak dan dudukannya cukup dalam sehingga Anda akan lebih nyaman bersantai di sofa tersebut.

Harga Yang Sepadan

Odoo CMS- Sample image floating

Bagaimana dan di mana sofa tersebut dibuat? Sofa yang diproduksi masal, seperti di China, mungkin perlu diberi pertimbangan lebih. Harganya bisa saja murah karena itu adalah produksi yang sangat besar di sana, namun kualitasnya bisa jadi kurang terjamin saking banyaknya jumlah produksi. Ada pula perusahaan dari negara lain dengan merk yang sudah terkenal yang menjual sofa dengan harga atau bisa juga karena ongkos kirim dan pajak yang tinggi, harganya menjadi mahal dengan kualitas yang biasa saja.

Akan lebih adil untuk Anda memilih produk yang dibuat di Indonesia. Karena kalau harganya mahal, itu berarti biaya produksinya yang tinggi karena kualitas produk yang digunakan adalah yang terbaik. Hal ini akan membuat uang yang Anda keluarkan untuk membeli sofa sepadan dengan kualitas sofa yang Anda bawa pulang ke rumah. Seperti sofa kami yang sepenuhnya dibuat di Jepara, Indonesia dengan standar internasional Eropa. Sofa kami akan dikirim langsung dari gudang tanpa perantara. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan harga terbaik untuk sofa kami yang berkualitas tinggi.

Setelah semua ciri-ciri di atas terpenuhi, Anda bisa membeli sofa pilihan Anda. Sofa dengan kualitas terbaik tentunya tidak akan dibanderol dengan harga murah. Tapi, sofa merupakan investasi furnitur rumah jangka panjang, jadi tidak ada salahnya Anda menyisihkan sejumlah uang untuk sofa terbaik yang akan diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga Anda dalam waktu bertahun-tahun.



Image source: themprojects.com