0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Jenis-jenis Karpet yang Banyak Dijual

Jenis-jenis Karpet yang Banyak Dijual

jenis-jenis karpet yang banyak dijual

Pilihan karpet ada sangat banyak, tapi untuk membantu Anda menentukan karpet baru yang tepat, berikut ini jenis-jenis karpet yang banyak dipilih di pasaran.

Cara memilih karpet yang tepat di antara banyaknya pilihan karpet yang beredar di toko-toko dapat dipersempit jika Anda tahu perbedaannya jenis-jenis karpet berdasarkan beberapa indikator pembedanya. Jenis karpet dapat dibedakan berdasarkan cara pembuatan, model, bahan, dan bentuknya. Kalau Anda ingin tahu lebih lengkap tentang jenis karpet yang banyak dijual berdasarkan beberapa pembeda, maka simaklah informasi lengkap berikut ini.

Jenis Karpet Berdasarkan Pembuatannya

Ada beberapa teknik pembuatan karpet yang mungkin belum Anda ketahui. Padahal, bagaimana karpet dibuat sangat berpengaruh pada kenyamanan hingga tampilan visual sebuah karpet. Di bawah ini adalah jenis-jenis karpet dikelompokkan berdasarkan teknik pembuatannya, yang berfokus pada cara serat material disatukan dengan lapisan bawah karpet.

loop pile

Odoo CMS- Sample image floating

Maksud dari loop pile adalah serat-serat material karpet dibentuk sedemikian rupa dengan cara dilengkungkan sehingga terbentuklah jalinan-jalinan kecil. Teknik ini akan menghasilkan karpet yang sangat tahan lama dan anti-noda, namun dengan teknik ini, maka tingkat keempukan karpet pun rendah sehingga karpet tidak akan terlihat tebal dan empuk. Di dalam kelompok loop pile ini, terbagi lagi menjadi dua jenis jalinan atau loop.

Pertama, ada level loop yang juga dikenal dengan Berber. Karpet dengan teknik level loop ini menggunakan jalinan serat yang pendek, yang tingginya sama sehingga nampak rapi dan padat. Penjalinan serat seperti ini akan manjadikan karpet sangat cocok ditempatkan pada area yang banyak dilewati orang. Kedua, ada multi-level loops yang berbeda dengan teknik sebelumnya. Multi-level loops ini adalah teknik menjalin serat dengan ketinggian jalinan yang berbeda-beda. Teknik ini dilakukan untuk menciptakan karpet dengan motif yang bertekstur, sehingga terasa perbedaan tekstur antar motif pada karpet.

cut pile

Odoo CMS- Sample image floating

Apa yang terjadi dalam teknik cut pile adalah pemotongan pada ujung-ujung benang, sehingga tidak ada jalinan maupun lengkungan. Karpet cut pile cenderung lebih padat dan lembut dibandingkan dengan karpet loop pile. Ada beberapa tipe karpet loop pile yang banyak dijual, yaitu karpet plush yang teksturnya nampak rata pada ujung-ujung serat permukaan karpet. Teksturnya pun lembut dan memiliki tampilan yang formal, bahkan mewah. Lalu, ada karpet saxony yang hasil akhirnya halus, namun serat-seratnya lebih panjang dan saling melilit untuk membuat setiap serat lebih berisi. Karpet saxony ini populer di pasaran, namun semakin panjang seratnya, maka kalau terlalu sering diinjak dan dijadikan alas untuk furnitur yang berat akan meninggalkan bekas.

Selanjutnya, ada karpet textured yang serat-seratnya tidak sama panjang. Dengan begitu, maka terciptalah permukaan karpet dengan tekstur yang lebih kasar dibandingkan dengan karpet lainnya. Kemudian, ada karpet frieze yang memiliki serat-serat panjang, sehingga tidak disarankan untuk dipasang di area yang banyak dilewati. Untuk bentuk karpet frieze yang ekstrim atau tampil dengan serat sangat panjang sehingga memiliki kesan berantakan, biasa dikenal dengan nama karpet shag. Ada pula karpet cable yang tersusun dari serat-serat tebal dan panjang, sehingga memberikan kenyamanan ekstra bagi telapak kaki yang menginjaknya. Terakhir, ada karpet yang dibuat dengan perpaduan dua teknik loop dan cut pile, yang berarti memiliki kualitas kedua jenis karpet. Kombinasi keduanya tersebut menciptakan karpet dengan kelebihan mampu menyembunyikan kotoran dan noda.

Jenis Karpet Berdasarkan Modelnya

Model-model karpet ada banyak, tapi tentunya ada jenis-jenis tertentu yang populer di masyarakat. Anda ingin membeli karpet yang jadi favorit banyak orang? Berikut ini referensinya.

karpet ikat

Odoo CMS- Sample image floating

Dimulai dari model karpet yang motifnya berasal dari negara kita tercinta, Indonesia. Kain tradisional Ikat merupakan salah satu motif kain tradisional yang secara internasional dipakai sebagai motif karpet karena memang motifnya menarik dan khas. Untuk memproduksi karpet dengan motif Ikat, proses yang harus dilalui adalah mewarnai benang sebelum ditenung dengan proses yang disebut penghindaran pewarnaan, yang bertujuan untuk menciptakan motif khas Ikat. Banyak material yang dapat digunakan untuk membuat karpet Ikat, mulai dari wol hingga polypropylene. Kehadiran karpet Ikat dalam sebuah ruangan akan membawa sentuhan eksotis, sehingga bisa digunakan di ruang tamu atau kamar tidur.

karpet Maroko

Odoo CMS- Sample image floating

Melihat dari namanya saja, tentu Anda sudah bisa menebak dari mana asal karpet ini. Ya, tentunya dari Maroko. Karpet Maroko kebanyak terbuat dari wol atau katun. Ada dua jenis karpet Maroko, yang tebal dan berserat panjang berkesan berantakan biasa digunakan untuk orang-orang yang tinggal di pegunungan. Sementara model yang lebih ringan dan tipis digunakan di daerah yang lebih panas. Kebanyakan karpet Maroko yang dipakai adalah yang seratnya tebal, namun rapi. Model seperti itu akan memberikan tampilak eksotis nan mewah untuk ruang tamu Anda.

karpet persia

Odoo CMS- Sample image floating

Model karpet Persia sudah tidak asing lagi bagi Anda yang kerap mencari karpet atau bahkan baru pertama kali berburu karpet. Karpet ini diberi nama sebagaimana tempat asalnya, yakni Persia atau yang sekarang dikenal dengan Iran. Dewasa ini, karpet Persia merupakan karpet yang dibuat dengan cara yang sama bagaimana awalnya dulu karpet di daerah Persia dibuat. Tenunan yang digunakan pada karpet Persia terhitung unik, sehingga membedakannya dengan karpet oriental lainnya. Motifnya yang cukup rumit dan elegan menjadikan karpet ini tepat ditaruh di ruang yang membutuhkan focal point pada bagian lantai.

karpet dhurrie

Odoo CMS- Sample image floating

Karpet Dhurrie adalah tipe karpet yang ditenun dengan tenunan rata, namun tebal. Biasa digunakan dan berasal dari India, karpet ini memiliki konsep fungsi yang sedikit berbeda dengan karpet lainnya. Kalau biasanya karpet berguna sebagai lapisan lantai saja, karpet Dhurrie ini biasa digunakan juga untuk alas tidur. Motif yang digunakan pada karpet ini terkenal berkarakter tegas dan berwarna menarik. Desain yang biasa dipakai adalah desain simetris dan geometris. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat karpet ini, seperti wol, serat rami, atau sutra, dapat digunakan sepanjang tahun dengan perubahan musimnya. Karpet Dhurrie harganya cenderung terjangkau, sehingga Anda dapat memiliki beberapa buah karpet ini untuk diganti-ganti sesuai selera. Kemudian, karpet ini juga dapat digunakan kedua sisinya. Jadi, jika salah satu sisi sudah mulai pudar warnanya atau terlihat sudah tidak menarik, Anda tinggal membaliknya ke sisi satunya.

karpet Kilims

Odoo CMS- Sample image floating

Mirip dengan karpet Dhurrie karena sama-sama dibuat dengan cara ditenun rata, namun karpet Kilims memiliki tenunan yang lebih rapat. Karpet ini diproduksi dari Semenanjung Balkan hingga Pakistan. Pada model tradisionalnya, desain yang menonjol adalah garis-garis tipis berwarna biru, hijau, kuning kecokelatan, dan merah, dengan motif geometris kecil-kecil di dalam garis-garis tersebut. Karpet Kilims ini cocok untuk ruang keluarga, kamar anak, atau selasar pintu masuk, di mana sering dilewati orang.

Jenis Karpet Berdasarkan Bahannya

Karpet bisa dibuat dari bahan natural hingga sintetis. Sesuai dengan tujuan penggunaannya, Anda dapat memilih karpet Anda berdasarkan bahannya. Ketahui dulu kelebihan dan kekurangan bahan-bahan karpet yang menjadi favorit ini.

serat natural

Odoo CMS- Sample image floating

Karpet yang menggunakan serat natural sebagai material pembuatnya biasanya ditujukan untuk diletakkan di luar ruangan karena akan lebih tangguh terhadap air dan tidak akan mudah pudar warnanya akibat paparan sinar matahari. Selain itu, karpet dari serat natural juga kuat dan tahan lama, sehingga cocok ditempatkan di area lalu-lalang orang. Kelebihan lain dari karpet ini adalah dapat dipadupadankan dengan apapun. Material-material alami biasanya berasal dari tumbuhan berdaun seperti jute yang berasal dari India, sisal yang banyak ditanam di Afrika, rumput laut, dan tanaman tinggi yang tahan lama yang banyak ditemukan di dekat dataran lembab.

karpet wol

Odoo CMS- Sample image floating

Berbicara mengenai jenis karpet yang banyak dijual, karpet wol menjadi karpet yang akan banyak ditemukan di toko karena beberapa hal. Karpet wol merupakan karpet dengan material yang dianggap terbaik, sehingga banyak orang yang memilihnya. Kelembutan, kehangatan, dan kekhasan warna yang ditawarkan karpet wol membuatnya menjadi populer dan favorit. Wol sebenarnya juga termasuk ke dalam bahan natural. Secara natural, wol memiliki kelebihan yaitu dapat menolak noda karena kandungan minyak alaminya yang mampu mencegah kotoran menempel pada benang. Kemudian, karena wol adalah serat awet yang dapat kembali ke bentuk semula, maka karpet wol pun menjadi pilihan tepat untuk high-traffic area.

karpet katun

Odoo CMS- Sample image floating

Lagi, sebuah karpet yang masih termasuk berbahan alami juga, yakni karpet katun. Karpet katun merupakan karpet yang memiliki perawatan paling mudah dan simpel karena bisa dicuci menggunakan mesin cuci untuk pembersihannya. Selain itu, karpet katun juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan karpet lainnya, sehingga menjadi cara murah dan cepat untuk mengganti tampilan ruangan Anda. Memiliki motif dan warna yang sangat beragam, karpet katun dapat diletakkan di manapun, mulai dari selasar pintu masuk, ruang tamu, dekat cucian piring di dapur, hingga di balkon.

karpet polypropylene

Odoo CMS- Sample image floating

Kalau sebelumnya merupakan karpet-karpet yang dari serat alami, berasal dari tanaman dan hewan, kali ini adalah serat yang dibuat oleh manusia sebagai material pembuat karpet. Salah satunya adalah polypropylene yang terkenal sebagai bahan yang paling anti-noda dan tahan lama. Karpet ini super tangguh dan bahkan dapat dibersihkan dengan cairan yang memiliki campuran pemutih. Namun, pastikan dulu pada produsen tempat Anda membeli karpet mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk pembersihan karpet jenis ini. sayangnya, karpent ini juga memiliki kekurangan, yaitu mudah terbakar dan tidak dapat dipadamkan dengan mudah, sehingga jika Anda memiliki dekorasi yang melibatkan api seperti perapian terbuka, sebaiknya Anda tidak menggunakan karpet ini. Karpet dengan bahan ini juga tidak mudah kembali ke bentuknya semula jika di atasnya diletakkan furnitur dan memindahkan furnitur dengan cara ditarik di atas karpet ini akan mengakibatkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

karpet polyester

Odoo CMS- Sample image floating

Kelebihan yang dimiliki oleh bahan polyester adalah tahan terhadap pemudaran warna dan sangat mudah dan cepat untuk dikeringkan setelah dicuci. Lebih dari itu, karpet berbahan polyester juga tahan terhadap noda yang tercipta dari cairan karena tingkat penyerapannya rendah. Namun, noda yang berasal dari minyak akan sangat sulit dihilangkan dari karpet polyester ini. Biasanya, bahan polyester dicampur dengan serat lainnya untuk menghasilkan karpet dengan kualitas terbaik. Secara penampilan dan tekstur, karpet polyester dapat dibilang menyerupai karpet wol

Jenis Karpet Berdasarkan Bentuknya

Bentuk karpet ada beragam dan mempengaruhi tampilan visual, serta cara Anda menyusun furnitur Anda di ruangan tersebut. Inilah jenis-jenis karpet berdasarkan bentuk yang banyak dijual di pasaran, yang dapat Anda letakkan di ruangan yang memerlukan karpet.

karpet persegi

Odoo CMS- Sample image floating

Karpet persegi banyak digunakan, terutama untuk ruangan yang bentuknya benar-benar persegi, sehingga dapat digunakan sebagai karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai. Kalau tidak, karpet persegi dengan ukuran sedang atau kecil dapat menjadi karpet yang memberi aksen di ruang tamu atau ruang keluarga dengan meletakkannya di bawah coffee table berbentuk persegi dan di sekitarnya diletakkan sofa atau armchair. Tidak hanya itu, karpet persegi juga dapat digunakan untuk membuat area baru dalam sebuah ruangan, misalnya saja sudut baca di ruang keluarga atau kamar tidur.

karpet persegi panjang

Odoo CMS- Sample image floating

Banyak variasi penempatan karpet yang dapat Anda lakukan dengan karpet berbentuk persegi panjang ini. Di ruang tamu, jika ukurannya cukup besar, maka Anda dapat mengatur sofa dan coffee table Anda hingga seluruhnya berada di atas permukaan karpet. Alternatif lain penempatan karpet persegi panjang adalah di ruang makan, terutama bagi Anda yang memiliki meja makan berbentuk persegi panjang. Meletakkan karpet di bawah meja makan akan meng-highlight area makan tersebut. Sementara kalau karpet persegi Anda berukuran kecil, Anda dapat meletakkannya di sisi kanan-kiri tempat tidur, di depan dinding yang ditempel cermin, atau di depan sideboard di ruang tamu.

karpet lingkaran

Odoo CMS- Sample image floating

Karpet berbentuk lingkaran cukup sulit diaplikasikan karena jika furnitur di sekitar atau di atasnya tidak mengikuti bentuk karpet ini, maka akan terlihat aneh. Karenanya, gunakanlah coffee table berbentuk lingkaran di atas karpet lingkaran, misalnya. Lalu, sofanya bisa Anda letakkan dalam bentuk garis lurus tanpa perlu mengikuti bentuk lengkung karpet. Ini berlaku jika besar karpet tidak terlalu lebih besar dari coffee table-nya. Kemudian, bisa juga Anda meletakkan karpet berbentuk lingkaran di depan TV sebagai alas duduk bagi Anda yang kerap menghabiskan waktu di depan TV.

karpet runner

Odoo CMS- Sample image floating

Bentuk dari karpet runner adalah persegi panjang, namun tidak terlalu lebar. Umumnya, karpet runner diletakkan di selasar pintu masuk, di area dapur, di antara sofa dan coffee table atau sebagai alas meja makan. Karpet runner ini memberikan tampilan ruangan berkarpet yang berbeda sehingga ruangan Anda menjadi lebih menarik. Jadi, kalau Anda ingin melakukan perubahan terhadap tampilan ruangan Anda, manfaatkanlah penggunaan karpet runner dengan maksimal.

karpet bentuk khusus


Kalau sebelum-sebelumnya adalah bentuk karpet yang normal, maka ada pula karpet yang bentuknya unik. Keunikan tersebutlah yang membuat banyak orang ingin memilikinya. Contohnya saja karpet berbentuk kulit tubuh beruang kutub atau harimau—yang tentunya bukanlah berasal dari hewan asli. Lalu ada pula karpet dengan bentuk heksagon, oval, dan bentuk lainnya yang lebih spesifik menyerupai benda tertentu. Karpet-karpet seperti itu tentunya tidak dapat sembarangan diletakkan karena akan nampak aneh atau canggung bagi ruangan. Jika Anda ingin menggunakan karpet dengan bentuk khusus ini, pastikan Anda meminimalisir unsur lainnya, seperti penataan furnitur atau warna benda-benda di ruangan tersebut sehingga ruangan terlihat lebih terorganisir.

Cara Merawat Karpet Supaya Awet

Karpet yang sudah Anda beli sebaiknya dirawat dengan baik supaya tidak cepat rusak dan malah membuat Anda menjadi boros di kemudian hari. Merawat karpet tidaklah se-sulit yang Anda bayangkan karena hal-hal yang perlu Anda lakukan hanyalah hal-hal sederhana berikut ini.

Membersikan dengan sapu

Untuk perawatan sehari-hari, Anda tidak perlu repot karena hanya Anda perlu membersihkan karpet Anda dengan sapu. Tentunya Anda tidak dapat menggunakan sembarangan sapu untuk segala jenis karpet. Ketahui dengan baik apa material karpet Anda, kemudian belilah sapu yang cocok untuk karpet tersebut. Jika karpet Anda terbuat dari material yang lembut dan rentan rusak, maka Anda perlu sapu yang halus dengan ujung-ujungnya yang tidak tajam. Sementara kalau karpet Anda terbuat dari bahan yang tangguh, Anda dapat menggunakan sapu yang bentuknya menyerupai sikat supaya proses pembersihan pun lebih total. Lakukan penyapuan dengan hati-hati supaya tidak merusak material karpet Anda.

menggunakan penyedot debu

Odoo CMS- Sample image floating

Penyedot debu dapat Anda gunakan untuk membersihkan karpet Anda seminggu sekali. Namun, untuk karpet yang dipasang di area yang kerap dilalui orang, Anda bisa saja membersihkannya setiap dua atau tiga hari sekali. Gerakkanlan penyedot debu ke satu arah dan lakukan berulang untuk memastikan seluruh permukaan karpet sudah dilalui penyedot debu dan dibersihkan dengan benar. Bersihkan juga bagian bawah karpet dengan penyedot debu supaya pembersihannya total.

mencuci dalam jangka waktu tertentu

Karpet berbahan katun bisa saja dengan mudah dibersihkan dengan menggunakan mesin cuci. Namun, untuk membersihkan karpet dengan material lainnya, Anda perlu sikat dan sabun cuci khusus karpet yang tidak akan merusak karpet Anda. Pencucian karpet tidak perlu dilakukan sering-sering untuk menjaga keawetan material karpet. Lagipula, proses pencucian karpet juga memerlukan waktu yang cukup panjang. Dimulai dari mengoleskan sabun cuci pada permukaan karpet dan mulai menyikatnya dengan sikat berbulu lembut. Kemudian membilasnya dan setelahnya, keringkan dengan cara dijemur, namun diusahakan untuk tidak terpapar sinar matahari langsung untuk menghindari pemudaran warna. Pastikan Anda melakukan proses pengeringan dengan maksimal sehingga karpet benar-benar kering karena karpet yang masih lembab akan menimbulkan aroma kurang sedap bagi ruangan Anda. Setelahnya, Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk merapikan serat-serat permukaan karpet sekaligus memastikan karpet sudah benar-benar bersih.

Dari sekian banyak jenis karpet yang ada, sudah dipersempit menjadi beberapa poin penting jenis-jenis karpet yang banyak dijual di pasaran dan banyak diburu oleh masyarakat. Semoga panduan ini dapat membantu Anda untuk menentukan karpet bagi hunian Anda.


(Image source: financialtribune.com)