0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Karpet Seperti Apa Yang Cocok Untuk Ruang Tamu...?

Grandome Memberi Kemudhan Informasi tentang cara memilih karpet ruang tamu

Pastikan Anda memasang karpet yang bagus di ruang tamu untuk memberikan kebanggan bagi Anda sebagai pemilik rumah.

Odoo CMS- Sample image floating

Memilih karpet dengan cerdas tidak hanya diterapkan pada pemilihan karpet untuk kamar tidur, tapi jugan ruang tamu. Jika di kamar tidur Anda dapat memilih karpet apapun yang Anda suka, di ruang tamu pun begitu. Hanya saja, Anda juga perlu mempertimbangkan kenyamanan orang lain dalam memandang dan merasakan karpet tersebut karena ruang tamu adalah ruangan di dalam rumah yang dipakai oleh banyak orang, bahkan orang asing yang tidak dekat dengan Anda. Untuk mendapatkan karpet yang pas diletakkan di ruang tamu, Anda harus mengethaui beberapa jenis karpet yang biasa digunakan di ruang tamu dan cara memilih karpet yang tepat untuk ruang tamu. Anda tidak perlu khawatir karena semua infonya dapat Anda temukan di sini.

Berbagai Bentuk Karpet Untuk Disesuaikan dengan Ruang Tamu

Seiring berkembangnya zaman dan majunya kreativitas manusia, semakin banyak pula pilihan bentuk karpet yang dijual di pasaran. Kalau tadinya karpet identik dengan bentuk persegi atau persegi panjang, sekarang bentuk karpet sudah sangat lebih beragam. Beberapa bentuk karpet yang bisa dipakai untuk ruang tamu Anda adalah sebagai berikut.

oktagon

Bentuk oktagon merupakan bentuk yang bisa dibilang paling unik di antara bentuk bangun datar lainnya. Mungkin Anda akan lebih akrab dengan istilah segi delapan ketimbang oktagon. Kalau Anda ingin tampilan ruang tamu yang berbeda, karpet berbentuk oktagon adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Karpet hektagon penggunaannya mirip dengan karpet lingkaran. Sisinya yang bersudut lancip dengan delapan sisi datar menawarkan penempatan furnitur yang berbeda, sehingga Anda dapat lebih berkreasi.

lingkaran

Hampir mirip dengan oktagon, karpet berbentuk lingkaran memiliki sisi yang lebih halus tanpa sudut. Hal ini membuat Anda dapat “memperlakukannya” sama seperti karpet bentuk oktagon. Biasanya, karpet lingkaran akan banyak dijumpai di ruang tamu, diletakkan di bawah coffee table. Kalau Anda ingin memasang karpet dengan cara seperti itu, pastikan ukuran karpet lebih besar dari ukuran coffee table Anda supaya enak dilihat mata.

Persegi

Bagi yang baru pertama kali akan menggunakan karpet, bentuk persegi adalah bentuk paling aman. Mengapa demikian? Karena karpet yang paling banyak dijual adalah karpet persegi dan persegi panjang. Bentuk tersebut tentunya mengikuti bentuk ruangan pada umumnya. Dengan bentuk seperti itu, maka penataan furnitur di atas atau sekitar karpet persegi akan menjadi lebih mudah.

runner

Runner merupakan karpet panjang yang biasa diletakkan pada hallway setelah pintu masuk. Walaupun begitu, runner juga bisa diletakkan di ruang tamu. Variasi peletakkannya adalah di sisi sofa atau di depan sideboards. Selain itu, bisa juga meletakkan runner di bawah cermin yang dipasang pada dinding sebagai aksen pijakan. Atau gunakan runner sebagai alas beberapa lemari dan rak pajang yang berdiri sebelah-menyebelah.

oval

Selanjutnya, ada karpet berbentuk oval yang juga menjadi favorit untuk diletakkan di ruang tamu atau ruang makan. Menemukan karpet berbentuk oval tidaklah sulit karena karpet ini cukup banyak diminati. Bentuknya mampu memperhalus tampilan visual ruang tamu Anda. Letakkanlah di bawah coffee table dan pastikan bagian depan sofa juga berada di atasnya untuk keseimbangan visual yang apik. Untuk karpet ini, coffee table berbentuk persegi panjang akan sangan tepat

persegi panjang

Fleksibel. Itulah definisi terbaik untuk karpet berbentuk persegi panjang. Anda dapat meletakkannya di manapun, termasuk di ruang tamu. Tergantung ukuran yang Anda pilih, Anda bisa menjadikannya alas furnitur utama ruang tamu ataupun meletakkannya sebagai penanda area khusus di ruang tamu. Misalnya Anda memiliki anak kecil dan untuk menciptakan area bermain anak Anda, Anda bisa menggunakan karpet persegi panjang di salah satu sudut ruang tamu.

karpet yang tepat digunakan untuk ruang tamu

Odoo CMS- Sample image floating

Ruang tamu merupakan ruangan yang disebut dengan “high traffic area” karena area tersebut merupakan area paling sering dipakai lalu-lalang orang. Tidak heran, karena ruang tamu letaknya di bagian depan rumah, sehingga pemilik rumah pun akan sering melewati ruang tamu dalam perjalanan menuju ruang lainnya. Apalagi kalau ruang tamu tersebut berfungsi ganda sebagai ruang keluarga, seperti di apartemen atau rumah berukuran mungil. Karenanya, karpet yang dipilih harus yang tepat supaya awet dan menghemat pengeluaran Anda. Inilah karpet yang sebaiknya Anda pilih.

bahan wol

Material karpet yang kuat dan tahan lama adalah wol yang ditenun dengan baik atau karpet wol berkualitas baik. Di antara berbagai material karpet yang ada, kalau Anda ingin yang benar-benar awet, Anda bisa memilih karpet berbahan wol. Karpet wol harganya terkadang cukup tinggi, namun cobalah lihat dari sisi lain. Ketika Anda mengeluarkan banyak uang di awal, rasanya memang berat. Tapi, dengan investasi besar tersebut, akan membuat Anda lebih hemat di tahun-tahun setelahnya karena karpet tersebut tidak mudah rusak. Jika Anda membeli karpet dengan material murah, di awal Anda hanya mengeluarkan uang sedikit, tapi karena material yang kurang berkualitas, karpet yang akan ditempatkan di high traffic area tersebut akan mudah menipis dan pudar. Hasilnya, Anda harus segera mengganti karpet tersebut meskipun Anda belum lama memilikinya. 

Semua kembali pada Anda. Jika Anda mudah bosan, tentunya Anda tidak perlu membeli karpet dengan material yang terlalu tahan lama, sehingga Anda bisa mengganti karpet secara berkala tanpa perlu menyesal menyingkirkan karpet sebelumnya karena belum terlalu rusak. Sebaliknya, kalau Anda ingin karpet tersebut bertahan lama di ruang tamu, maka pilihlah karpet wol berkualitas.

pakai pad

Bisa dibilang, hal terpenting untuk membuat karpet di high traffic area tidak mudah rusak atau menipis adalah dengan menaruh pad di bawah karpet. Pad merupakan alas karpet yang terbuat dari berbagai macam material. Ada yang terbuat dari serat, ada pula dari karet. Teksturnya kasar, kesat, dan tidak licin. Material dan tekstur seperti itu dibuat untk mencapai fungsi pad itu sendiri, yaitu mencegah karpet mudah selip dan menghindari karpet dari penipisan dini. 

Untuk menjaga keawetan karpet, penggunaan pad akan sangat dibutuhkan karena biasanya, bukanlah bagian atas karpet yang mudah rusak, melainkan bagian bawahnya. Hal tersebut disebabkan karena jalinan serat yang langsung bergesekan dengan lantai. Apalagi kalau lantai rumah Anda keras dan tidak rata. Di samping itu, pad juga berfungsi sebagai pengaman agar karpet tetap pada tempatnya dan tidak membahayakan orang yang berjalan di atasnya.

punya motif

Penggantian karpet yang terlalalu sering akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih karpet bermotif. Karpet dengan motif akan menghemat pengeluaran Anda karena karpet yang diletakkan di ruang tamu tentunya akan banyak terinjak dan besar kemungkinannya untuk terkena tumpahan makanan atau minuman. Dengan menggunakan karpet bermotif, maka bagian karpet yang mulai menipis atau terkena noda bisa tersamarkan dengan motif tersebut. Semakin ramai motifnya, maka akan semakin menutupi kekurangan pada karpet. Ditambah lagi jika warna karpetnya gelap seperti marun dan navy blue.

Supaya ruang tamu Anda tidak terlihat terlalu penuh dengan kehadiran karpet bermotif, maka cara menyeimbangkannya adalah dengan memilih furnitur yang polos. Pilihlah sofa dengan warna senada dengan karpet, namun yang tanpa motif. Kemudian, Anda bisa menggunakan warna cat netral untuk dinding ruang tamu. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mendekor ruang tamu yang berkarpet setelah Anda menemukan dan memasang karpetnya. Setelah itu, baru lengkapi dengan furnitur yang sesuai.

hindari ini

Jika wol berkualitas baik adalah pilihan tepat untuk karpet yang tahan lama, maka ada pula bahan karpet yang sebaiknya Anda hindari atau dijadikan pilihan bagi Anda yang tidak memerlukan karpet berumur panjang. Pertama, yaitu karpet berbahan serat alami seperti rumput laut, yang bukanlah material yang mampu bertahan untuk penggunaan jangka panjang ataupun untuk diletakkan di high traffic area seperti ruang tamu. Material dari serat alami terlalu mudah menyerap air dan cepat rusak. 

Tidak hanya material dengan serat alami, tapi karpet yang menggunakan material sutra juga tidak disarankan untuk diletakkan di ruang tamu karena akan sering diinjak dan karpet sutra akan mudah rusak teksturnya karena itu. Selanjutnya, karpet yang berkonsep shaggy atau sangat berbulu, juga sebaiknya tidak dipasang di ruang tamu karena nantinya akan jadi menempel rata pada lantai dan mudah rusak jika Anda akan kebanyakan berjalan di tepian karpetnya, bukan di bagian atas atau tengah karpet yang kemungkinan akan digunakan untuk meletakkan coffee table.

cara memilih karpet yang cocok utnuk ruang tamu

Kini tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahu tips apa saja yang dapat Anda ikuti untuk menemukan karpet yang paling cocok untuk ruang tamu Anda. Memilih karpet bisa jadi kegiatan yang membingungkan dan melelahkan, namun dengan mengikuti tips berikut ini, Anda akan menjadi lebih mudah memutuskan karpet untuk ruang tamu Anda.

1. pastikan ukurannya pas

Pas atau tidaknya ukuran karpet berkaitan dengan ukuran ruang tamu Anda. Kesalahan terbesar ketika membeli karpet adalah memilih ukuran yang terlalu kecil sehingga fungsinya tidak maksimal atau kehadirannya malah terlihat janggal. Karenanya, Anda harus memutuskan bagaimana Anda akan memasang karpet Anda. Ada 4 cara klasik untuk memadukan karpet dengan furnitur. Pertama, kalau Anda ingin seluruh furnitur seperti sofa dan coffee table berada di atas karpet, maka Anda memerlukan karpet berukuran besar sekitar 23 meter x 30,5 meter atau lebih. Kedua, kalau Anda hanya ingin sebagian furnitur saja yang berada di atas karpet, pilih karpet ukuran 20 x 25 meter. 

Odoo CMS- Sample image floating

Ketiga, gunakanan karpet berukuran sama seperti sebelumnya, yakni 20 x 25 meter kalau Anda ingin mengatur furnitur Anda dengan model bagian depan sofa berada di atas karpet dan bagian belakangnya di luar karpet, sementara coffee table berada di tengah karpet. Keempat, gunakan karpet berukuran kecil sekitar 10 x 15 meter yang diletakkan di tengah susunan furnitur. 

Lalu, kalau Anda ingin karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai, ukurlah luas ruangan Anda. Pasanglah karpet jangan sampai menekuk ke dinding. Akan lebih baik jika ada jarak beberapa sentimeter dari sisi terluar karpet dengan dinding daripada memaksakan karpet Anda menekuk ke dinding untuk membuat ukurannya pas dengan ukuran ruangan.

2. tentukan warna terbaik

Odoo CMS- Sample image floating

Memilih karpet untuk ruang tamu memerlukan waktu yang panjang untuk berpikir, terutama mengenai warna dan coraknya. Kalau ruangan Anda sudah bertema netral, maka karpet bermotif menjadi pilihan terbaik untuk menambahkan warna dan daya tarik pada ruangan Anda yang bernuansa netral. Sebaliknya, jika ruang tamu Anda temanya sudah “ramai,” baik oleh warna ataupun motif pada sofa atau furnitur lainnya, maka karpet berwarna netral dan polos akan menjadikan tampilan visual ruangan lebih seimbang. 

Namun, kalau ruang tamu Anda sudah berwarna-warni dan Anda masih ingin menggunakan karpet yang berwarna, maka carilah karpet yang memiliki warna atau motif yang sama atau mendekati warna dominan di dalam ruangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah “tabrak warna” yang akan membuat ruang tamu Anda kurang sedap dipandang atau terlalu ramai, bahkan cenderung berantakan. 

Beberapa hal yang perlu Anda ingat mengenai pemilihan warna dan motif karpet adalah warna netral akan memberikan kenyamanan dan kehangatan bagi ruangan Anda. Kalau Anda bingung memilih warna netral seperti apa yang bagus untuk ruangan Anda, Anda bisa memilih warna yang menyatu sempurna dengan warna lantai atau dinding Anda. Bisa warna yang lebih tua atau warna yang lebih muda, namun pastikan warnanya masih ada di dalam palet warna yang sama. Keunutungan lain memilih warna karpet netral adalah usianya lebih panjang, sehingga Anda tidak perlu sering mengganti karpet Anda kalau belum benar-benar rusak.

3. pilih texture yang sesuai

Sensasi seperti apa yang Anda ingin dapatkan dari karpet yang akan Anda beli? Kalau Anda ingin karpet yang menghangatkan dan lembut, karpet wol adalah jawaban dari kebutuhan Anda. Jika ruang tamu Anda menggunakan pendingin ruangan atau Anda tinggal di daerah bersuhu rendah, maka karpet wol adalah yang terbaik karena selain mampu menghangatkan, karpet wol juga tahan lama. Walaupun begitu, karpet wol jika terkena tumpahan minuman asam akan mudah rusak dan seratnya cenderung mudah menggumpal. 

Odoo CMS- Sample image floating

Namun, kalau Anda ingin karpet dengan material natural dan tidak masalah dengan tekstur yang agak kasar, Anda bisa memakai karpet berbahan serat sisal atau rami. Karpet sisal sangat tepat digunakan pada high traffic area karena kuat. Namun, karpet jenis ini akan mudah ternoda, bahkan jika hanya terkena tumpahan air dan nodanyan akan susah untuk dihilangkan. Sementara karpet rami akan terlihat sangat cocok dipadukan pada ruangan dengan konsep desain rustic. Karpet rami juga cenderung murah dan biasanya hadir dalam warna-warna netral, sehingga mudah dipadukan dengan berbagai gaya desain interior. Jenis karpet ini termasuk kurang awet dibandingkan karpet berbahan natural lainnya, namun memiliki serat yang paling lembut. 

Selanjutnya, material yang tidak hanya terasa lembut, namun juga terlihat cantik adalah sutra. Sayangnya, karpet berbahan sutra terbilang mahal dan susah untuk dibersihkan, jadi nampaknya kurang sesuai untuk diletakkan di ruang tamu Anda. Lalu, ada juga karpet berbahan polyester yang tidak mudah luntur dan cepat kering jika basah. Tidak hanya itu, karpet polyester juga memiliki daya serap yang rendah sehingga tidak akan mudah ternoda. Tapi, noda dari sesuatu yang berminyak akan susah dihilangkan dari karpet polyester.

4. buat konsep penempatan

Odoo CMS- Sample image floating

Di mana Anda akan meletakkan karpet Anda? Hal ini sangat penting untuk dikonsepkan sebelum Anda memilih karpet yang cocok untuk ruangan Anda. Pertimbangkan segi kepraktisannya. Pertama, temukan tujuan dari penggunaan karpet di ruang tamu Anda. Apakah Anda memasang karpet untuk menyatukan berbagai komponen di ruang tamu ataukah untuk membuat furnitur terlihat lebih seimbang atau hanya untuk memberikan aksen pada ruang tamu Anda. Pastikan kehadiran karpet akan semakin menyeimbangkan segala sesuatu yang ada di dalam ruangan. 

Jika Anda memasang karpet untuk menyeimbangkan tatanan furnitur, maka pastikan ukuran karpet yang nantinya akan Anda pilih cukup lebar sehingga kaki bagian depan seluruh sofa dan armchair di ruangan Anda bisa berada di atas karpet. Cara penempatan seperti ini akan menghindarkan karpet Anda terlihat seperti “mengambang” di ruangan tersebut. Dengan penataan seperti ini, pastikan panjang karpet Anda melebihi panjang sofa karena kalau tidak, maka sofa dan karpet akan terlihat tidak harmonis. Penataan ini akan membuat ruang tamu menjadi lebih padu dan jika Anda memiliki ruang tamu yang tergabung dengan dapur langsung, maka area ruang tamu akan lebih terdefinisi.

5. gunakan lebih dari satu jenis

Odoo CMS- Sample image floating

Anda bisa menggunakan lebih dari satu karpet untuk ruang tamu Anda. Contohnya, untuk membuat ruang tamu Anda lebih menarik, tumpuklah dua buah karpet. Tentunya karpet dengan ukuran berbeda. Bisa karpet polos di bawah, kemudian ditumpuk dengan karpet bermotif di atasnya atau dua karpet polos dengan warna berbeda saling menumpuk. Cara dekorasi karpet seperti ini dapat digunakan sesekali untuk mencari suasana ruang tamu yang baru.  

Penggunaan dua karpet atau lebih juga bisa dilakukan jika Anda ingin mendefinisi area penerimaan tamu dengan meletakkan karpet di bawah sofa dan coffee table, lalu di sudut lain ruangan tersebut, Anda memasang karpet lain. Karpet tersebut menunjukkan bahwa area tersebut adalah area ekstra yang sengaja dibuat, misalnya area baca atau area bermain. 

Gunakanlah panduan memilih karpet yang cocok untuk ruang tamu ini sebagai referensi Anda sebelum membeli karpet baru untuk ruang tamu Anda. Pahami dan persiapkan semuanya dengan matang supaya Anda tidak salah membeli karpet nantinya. Selamat berburu karpet!



Image source: overstock.com