0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Kenapa Ada Sofa Berharga Murah?

Untitled Post

kenapa ada sofa berharga murah...?

Sebuah sofa bisa dijual dengan harga murah karena beberapa hal. Ada 4 hal yang membuat sebuah sofa dibanderol dengan harga murah. Dengan memperhatikan hal-hal berikut ini, Anda bisa memiliki pertimbangan lebih sebelum memutuskan membeli sofa yang murah.

kualitas kayu

Odoo CMS- Sample image floating

Pertama, penggunaan bahan yang kurang bagus. Penggunaan bahan yang kurang bagus ini bisa dari kerangkanya yang menggunakan kayu berkualitas rendah seperti sengon yang tidak sekokoh dan sekuat mahoni. Selain itu, bisa juga sebuah sofa sebagian besar atau bahkan seluruh kerangkanya menggunakan plywood, yaitu kayu olahan. Berbeda dengan kayu solid atau kayu keras seperti jati, mahoni, oak, dan sengon, plywood merupakan material yang merupakan susunan dari lapisan-lapisan kayu, yang kemudian direkatkan dan dimampatkan dengan tekanan tinggi. Lapisan kayu penyusun plywood adalah kombinasi dari serat kayu dan kulit kayu, sehingga memang tidak seawet kayu solid.

Karenanya, harga plywood lebih murah dari kayu solid dan penggunaan banyak plywood akan menekan biaya produksi. Kalau Anda tidak masalah dengan penggunaan plywood, silakan melanjutkan pembelian sofa Anda.

jenis bahan

Odoo CMS- Sample image floating

Kedua, ada penggunaan busa dan pelapis dengan kualitas rendah berharga murah. Busa yang murah jika ditekan tidak akan kembali ke bentuk semula dengan cepat. Sementara pelapis yang murah bisa dirasakan dari kehalusan bahan dan ketika Anda mencoba duduk di atasnya, rasakan apakah Anda nyaman duduk berlama-lama di situ ataukah bahannya terasa kurang ‘akrab’ dengan kulit Anda. Sofa seperti ini tentunya tidak akan bagus untuk Anda. Karena, sofa merupakan furnitur di mana Anda akan banyak menghabiskan waktu Anda. Maka dari itu, keempukan busa dan kenyamanan pelapis sangat penting untuk dipertimbangkan. Memang, Anda mendapatkan harga yang murah, tapi kalau tidak nyaman dan tidak awet, untuk apa?

efektifitas bahan

Ketiga, efektifitas penggunaan bahan baku juga bisa memangkas biaya produksi. Bentuk dari efektifitas ini adalah dengan memanfaatkan kembali limbah kayu solid dari sebuah proses produksi. Potongan-potongan kayu, bahkan hingga yang terkecil sekalipun, dikumpulkan menjadi satu, kemudian dimasukkan ke dalam sebuah mesin sehingga menjadi suatu bentuk kayu besar lagi dan bisa digunakan sebagai komponen produk lainnya. Meskipun terbuat dari limbah kayu, namun komponen ini tetap disebut dengan kayu solid karena limbah kayunya pun merupakan limbah kayu solid dan kualitas keduanya sama

Odoo CMS- Sample image floating

Maka dari itu, jika Anda membaca keterangan sebuah sofa dibuat dari kayu solid, kalau Anda ingin memastikan apakah yang dimaksud adalah kayu asli ataukah olahan limbah kayu, Anda bisa tanya apa jenis kayu solidnya, apakah mahoni, oak, atau kayu lainnya. Biasanya, komponen dari limbah kayu ini digunakan pada bagian dalam sofa. Kalaupun dijadikan untuk penggunaan luar seperti kaki sofa, nantinya akan diberi lapisan berupa potongan tipis kayu asli, misalnya mahoni, sehingga terlihat bagus. Ini bukan merupakan penipuan, justru kalau dilihat dari kacamata positif, langkah ini justru ramah lingkungan karena bisa benar-benar memanfaatkan limbah kayu dengan sangat efektif.

Untuk membuat komponen dari limbah kayu pun dibutuhkan investasi yang besar untuk membeli mesin pengolahnya yang terbilang mahal, sehingga tidak banyak pabrik furnitur yang memiliki mesin tersebut. Pabrik yang memiliki mesin tersebutlah yang bisa membuat komponen dari limbah kayu. Karena pemanfaatan limbah tersebut, maka biaya produksi pabrik tersebut bisa menjadi lebih murah, sehingga produk bisa dijual dengan harga terjangkau.

pengaruh desain

Odoo CMS- Sample image floating

Keempat, coba perhatikan desain dari sofa tersebut. Jika bentuknya biasa saja, yaitu lurus tanpa lengkungan, ditambah lagi produk tersebut diproduksi masal, maka tidak heran kalau harganya murah. Desain sofa yang lurus-lurus saja tidak memerlukan material khusus yang mahal. Berbeda dari sofa yang memiliki lengkungan karena untuk membuat lengkungan tersebut, diperlukan kayu khusus dengan harga mahal. Lagipula, pembuatan sofa berdesain lengkung tidak secepat sofa berdesain lurus. Perbedaan jenis desain ini menjadikan ongkos pengerjaannya berbeda.

Sebelum membeli sofa, pastikan Anda berinisiatif mengajukan banyak pertanyaan seputar material penyusun sofa supaya Anda bisa mendapatkan sofa dengan kualitas yang sepadan dengan harganya.


Image source: safavieh.com