0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Macam-macam Bahan Pelapis Sofa

Untitled Post

macam - macam pelapis sofa

Sebuah sofa haruslah nyaman, baik itu sofa untuk orang yang bertamu ke rumah Anda ataupun sofa untuk bersantai bersama keluarga usai beraktivitas seharian. Salah satu faktor penentu kenyamanan sofa adalah bahan pelapis yang digunakan untuk membuat sofa tersebut. Tidak hanya satu atau dua saja bahan pelapis yang biasa digunakan, tapi ada belasan jenis bahan pelapis. Supaya Anda bisa memilih sofa ternyaman untuk melengkapi rumah Anda, baca dulu macam-macam bahan pelapis sofa yang terbagi dalam dua kategori, bahan natural dan sintetis, seperti dijabarkan berikut ini.

bahan natural

Linen

Odoo CMS- Sample image floating

Bahan linen merupakan serat natural yang bagus sebagai bahan pelapis sofa karena kuat, lembut, dan tahan lama. Kelebihan dari linen adalah bahan ini anti rayap, warnanya tidak mudah pudar, dan cocok untuk segala cuaca. Sofa linen akan cocok ditaruh pada ruang tamu atau ruang formal lainnya, terutama yang tidak banyak dipakai anak-anak atau hewan peliharaan karena tampilannya yang rapi, namun mudah terlihat kusut jika terlalu banyak digunakan. Di samping itu, bahan linen juga mudah kotor dan kalau sudah kotor, harus dibersihkan dengan benar supaya tidak mengkerut.

 kulit

Odoo CMS- Sample image floating

Tampilan mewah, mahal, dan modern pada sofa bisa didapatkan dengan memilih sofa kulit. Di samping itu, sofa kulit juga bisa selalu terlihat bersih karena perawatannya yang mudah. Hanya dengan mengelap sofa menggunakan kain basah atau memakai penyedot debu secara perlahan, sofa kulit yang tadinya terlihat kotor akan kembali bersinar. Keunikan dari pelapis sofa berbahan kulit adalah semakin lama, maka karakter dari kulit tersebut akan menjadi semakin terlihat dan menjadi semakin nyaman serta halus. Sementara kekurangan dari bahan lapisan kulit adalah pilihan warnanya tidak banyak, mudah rusak jika terkena benda tajam, mudah terasa lengket pada udara lembab atau panas, warnanya mudah pudar jika terkena paparan sinar matahari langsung. Bahan dari kulit ini juga membutuhkan perawatan khusus di musim hujan karena akan cenderung mudah lembab.

 katun

Odoo CMS- Sample image floating

Katun sebagai pelapis sofa jika jahitannya kuat, maka bisa menjadi bahan pelapis yang tahan lama. Kelebihan lain dari katun adalah warnanya terbilang awet, teksturnya lembut, dan tetap terasa sejuk meskipun cuaca sedang panas. Namun, karakter bahan katun ini menyerupai linen, sehingga sama-sama mudah kotor, kusut, dan mengkerut. Biasanya, untuk kualitas yang lebih baik, katun dicampur dengan linen, nilon, atau polyester. Jika dicampur dengan bahan lain, kualitasnya akan baik apabilan kandungan katun antara 45 – 60%.

 Wol

Odoo CMS- Sample image floating

Wol adalah bahan yang kokoh dan tahan lama. Namun, untuk performa terbaik, wol biasa diolah dengan bahan sintetis supaya mudah dibersihkan, lebih kuat, dan elastis. Nilai plus dari wol adalah tidak mudah kusut, pudar, dan kotor. Kemudian, sofa dengan pelapis wol lebih mampu menopang berat berlebih dan tetap terlihat cantik setelahnya.

 sutra

Odoo CMS- Sample image floating

Sutra merupakan bahan pelapis sofa yang mewah selain kulit. Kemewahannya dihadirkan melalui kehalusan bahan ini serta tampilannya yang ‘wow.’ Sayangnya, di balik kemewahan tersebut, bahan sutra terlalu rapuh karena mudah rusak, mudah kotor, dan membutuhkan perawatan yang sangat spesial. Karena itu, kalau Anda ingin memiliki sofa berbalut sutra, letakkanlah di ruangan yang jarang digunakan untuk menjaga tampilan dan keawetan sofa.

bahan sintetis

nilon

Odoo CMS- Sample image floating

Nilon biasa dicampur dengan bahan lainnya untuk menciptakan bahan pelapis sofa yang sangat kuat. Selain kuat, nilon juga elastis, tidak mudah kusut dan mudah dalam perawatannya. Lalu, nilon juga tidak gampang menyerap air sehingga kalau basah akan cepat keringnya. Kekurangannya, bahan nilon ini mudah pudar warnanya dan tidak tahan terkena sinar matahari berlebih. Untuk sofa yang sering digunakan, sofa nilon bisa menjadi pilihan yang tepat.

 OLEFIN

Odoo CMS- Sample image floating

Sofa olefin adalah sofa yang pas untuk intensitas penggunaan yang tinggi. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh bahan olefin adalah warnanya tidak mudah rusak, tahan lama, tidak mudah kotor, dan mudah dibersihkan. Jeleknya, sofa berbahan olefin rentan kusut dan mudah rusak bentuknya.

 polyester

Odoo CMS- Sample image floating

Polyester jarang digunakan sendiri sebagai bahan pelapis, melainkan lebih sering digunakan sebagai campuran dengan bahan lain untuk meningkatkan kualitas. Biasanya, bahan lain yang dicampur dengan polyester akan jadi anti lecek, kain menjadi mudah diversihkan, mengurangi kemungkinan warna memudar, menjadikan kain lebih kuat, dan menghindarkan kain dari masalah serat bahan yang menggumpal. Polyester akan menjadi sangat baik jika diolah bersama dengan bahan natural seperti katun dan wol..

 rayon

Odoo CMS- Sample image floating

Rayon merupakan bahan yang dikembangkan sebagai imitasi dari katun, sutra dan linen. Namun, rayon adalah bahan yang tetap mudah lecek, mudah mengkerut, dan mudah terbakar. Meskipun begitu, rayon memiliki daya tahan yang baik dan tergolong bahan dengan harga murah. Biasanya, rayon dicampur dengan bahan lain supaya menjadi bahan yang tepat untuk dijadikan pelapis sofa..

 FAUX LEATHER

Odoo CMS- Sample image floating

Faux leather atau bahan kulit imitasi terbuat dari polyurethane, bahan yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan PVC atau vinyl. Untuk Anda yang tidak ingin menggunakan kulit hewan asli dalam hal apapun, faux leather bisa menjadi pilihan yang tepat kalau ingin memiliki tampilan sofa yang elegan dan tahan lama.

 MICROFIBER

Odoo CMS- Sample image floating

Microfiber adalah bahan campuran yang lebih lembut dari suede dan jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu, karena microfiber ini terbuat dari bahan sintetis yang dijalin dengan kuat, maka daya tahannya tinggi dan anti lembab. Bagi pemilik hewan peliharaan, sofa dengan pelapis microfiber akan lebih mudah dibersihkan dari bulu hewan yang biasanya sulit dihilangkan

 CHENILLE

Odoo CMS- Sample image floating

Anda ingin pelapis sofa yang elegan, namun awet? Chenille bisa menjadi jawaban dari pencarian Anda. Tekstur dari bahan chenille ini lembut dan sangat nyaman, sehingga sangat cocok dijadikan bahan pelapis sofa untuk tujuan bersantai seperti sofa di ruang TV. Namun, sofa dengan pelapis chenille memerlukan perawatan lebih, seperti pembersihan regular dengan penyedot debu dan pembersihan khusus jika terkena tumpahan benda cair.

Semoga dengan pembahasan mengenai macam-macam bahan pelapis sofa ini, Anda bisa memutuskan sofa yang benar-benar cocok dengan kebutuhan Anda, ya. Jangan sampai salah memilih bahan pelapis sofa sehingga sofa yang seharusnya berusian tahunan hanya jadi berusia bulanan karena bahan yang tidak awet atau perawatan yang kurang memadai.



Image source: unwind.com