0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Panduan Memilih Sofa yang Paling Cocok Untuk Anda

Untitled Post

panduan memilih sofa yang paling cocok untuk anda

Memilih sofa yang tepat membutuhkan proses yang tidaklah singkat. wajar saja, sofa merupakan furnitur yang akan Anda miliki dalam jangka waktu panjang. Tidak hanya itu, sofa juga akan menunjang desain interior ruangan, yang apabila tidak sesuai dengan ruangan, bisa menjadikannya terlihat janggal. Berikut ini beberapa pertanyaan panduan yang bisa dijadikan panduan Anda sebelum membeli sofa sehingga Anda bisa mendapatkan sofa yang paling cocok.

apakah ukuranya cocok untuk ruangan tersebut..?

Odoo CMS- Sample image floating

Di mana Anda akan meletakkan sofa tersebut, ruang tamu atau ruang keluarga? Setelah Anda tahu ruangan mana yang akan ditaruh sofa, coba ingat ukuran ruangan tersebut dan mulailah mencari sofa yang ukurannya tepat untuk ruangan tersebut. Apabila ruangan Anda luas, Anda bisa memilih sofa dengan model melengkung, seperti sofa klasik atau sofa modern yang tidak banyak bersudut. Sementara kalau ruangan Anda tidak terlalu luas, pilihlah sofa modern yang bentuknya lebih tegas dan bersudut sehingga tidak memakan banyak tempat

Kemudian, kalau ruangan Anda memiliki plafon yang tinggi, Anda bisa menyesuaikannya dengan menempatkan sofa berpunggung tinggi. Hindari menaruh sofa berpunggung tinggi di ruangan ber-plafon rendah karena akan membuat ruangan menjadi terasa sempit. Tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki sofa yang besar di ruang tamu yang sempit karena hanya akan membuat ruangan terlihat penuh dan kurang nyaman.

Bisa juga Anda menggunakan selotip kertas untuk membuat template letak dan ukuran sofa di ruangan yang masih tersedia. Dengan begitu, Anda bisa membayangkan bagaimana ruang tersebut akan terlihat jika diberi tambahan sebuah sofa dengan ukuran yang sudah Anda perkirakan dengan selotip tadi.

Apabila Anda sudah tertarik pada sebuah sofa, namun ukurannya dirasa kurang sesuai, tidak ada salahnya Anda menanyakan ketersediaan ukuran lain karena biasanya sebuah seri sofa diproduksi dalam model two-seater dan three-seater, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda..

bagaimana sofa tersebut akan ditempatkan...?

Odoo CMS- Sample image floating

Coba buat rancangan bagaimana Anda akan menempatkan sofa baru Anda. Misalnya, Anda ingin membeli sebuah sofa two-seater, tiga stool chair, dan sebuah coffee table untuk ruang tamu Anda. Dengan semua furnitur tersebut, Anda ingin menaruh coffee table di tengah, dikelilingi sofa dan stool chair. Atau bisa juga Anda ingin menaruh sofa dan stool chair secara sejajar dan meletakkan coffee table di depannya.

Pertimbangkan juga apakah sofa Anda nantinya akan terlalu menghadap ke jendela atau tidak karena di siang hari yang terik, tamu Anda bisa merasa kurang nyaman karena silaunya sinar matahari. Atau lihat juga apakah penataan sofa Anda menghalangi ruang untuk berlalu-lalang ataukah tidak. Lalu, Anda juga bisa mengira-ngira berapa jumlah orang paling banyak yang biasa berkunjung ke rumah Anda, sehingga Anda tahu jumlah atau ukuran sofa yang Anda butuhkan, serta penataan sofa yang tepat supaya tetap lega ketika banyak orang yang datang.

Buatlah rancangan yang paling pas untuk membuat ruang tamu Anda terlihat menarik, nyaman, dan tetap fungsional. Dengan membuat rancangan dan mempertimbangkan hal-hal lain tadi, Anda akan tahu sofa seperti apa yang Anda cari.

Seperti apa model sofa yang pas...?

Odoo CMS- Sample image floating

Sesuaikan model sofa dengan tema ruangan Anda, apakah klasik, modern, ekletik, kontemporer, atau lainnya. Setelah menemukan tema sofa yang pas, bentuk sofa juga harus dipertimbangkan. Kalau Anda sering menerima banyak tamu, Anda bisa memilih bentuk sofa yang bisa memuat 3 – 4 orang dengan nyaman. Tapi, kalau Anda ingin menaruh sofa tersebut di ruang keluarga yang lebih santai, Anda bisa memilih sofa ­two-seater dengan bentuk yang lebih fleksibel untuk bersantai sembari menonton TV.

Untuk bentuk sofa, jika Anda menginginkan kesan yang formal, Anda bisa memilih sofa dengan punggung yang tegak tanpa cushion atau bantalan ekstra pada bagian punggung. Sementara kalau Anda ingin sofa yang santai, pilihlah sofa yang menggunakan cushion, baik cushion bawaan dari pabrik atau cushion yang Anda tambahkan sendiri untuk mempercantik sofa sekaligus menambah kenyamanan orang yang duduk di sana.

sebaiknya pilih warna dan motif apa...?

Odoo CMS- Sample image floating

Kalau ruangan Anda tidak memiliki tema khusus, Anda bisa menyesuaikannya dengan warna cat dinding, misalnya cat dinding Anda berwarna abu-abu muda, maka Anda bisa memilih sofa warna cokelat atau deep navy blue untuk pilihan yang netral. Untuk membawa kesan lebih ceria, Anda bisa menggunakan sofa warna kuning atau tosca. Tidak hanya memilih warna, namun Anda juga sebaiknya memutuskan akan membeli sofa bermotif atau polos. Sofa polos akan lebih mudah disesuaikan dengan tema dan warna ruangan yang akan berganti-ganti seiring berjalannya waktu. Tapi, kalau Anda lebih suka sofa bermotif, pastikan motifnya timeless atau tidak hanya mengikuti tren karena Anda bisa mudah bosan. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah Anda masih akan suka motif tersebut untuk 2 atau 3 tahun mendatang?

Pertimbangan lainnya jika Anda bingung mau memilih sofa yang polos atau bermotif, sofa polos lebih fleksibel untuk dipadupadankan dan tidak membosankan untuk waktu lama. Sementara sofa bermotif akan lebih mudah menyamarkan noda dan kerusakan kecil pada sofa Anda. Kalau Anda mau memilih sofa bermotif, motif besar dan tegas akan cocok untuk sofa di ruangan luas dan motif yang simpel lebih tepat untuk ruangan yang lebih sempit.

kerangkanya terbuat dari apa...?

Odoo CMS- Sample image floating

Kekokohan sofa menjadi poin penting kalau Anda tidak ingin ‘membuang’ uang Anda hanya demi harga sofa yang murah, namun ternyata material kerangkanya terbuat dari bahan yang tidak kuat, sehingga Anda harus membeli sofa lagi karena rusak dalam waktu dekat. Kerangka sofa yang terbuat dari kayu keras harganya meman glebih mahal, namun hal tersebut sepadan dengan usia yang dijanjikan, yaitu antara 5 – 10 tahun, tergantung pemakaian. Akan lebih ekonomis jika Anda mengeluarkan uang dalam jumlah cukup besar di awal, namun kemudian tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk bertahun-tahun mendatang.

Kayu solid yang bagus untuk dijadikan kerangka sofa yang kokoh misalnya mahoni dan oak. Hindari sofa berbahan plywood karena meskipun harganya lebih murah, namun kualitasnya tetap tidak bisa disamakan dengan sofa berbahan kayu solid. Kemudian, tanyakan juga apa penyambung dari kerangka sofa tersebut. Penyambung yang kuat adalah yang dibuat dari kayu atau bisa juga disambung dengan sekrup. Jangan membeli sofa yang menggunakan lem langsung sebagai penyambungnya karena tentunya tidak akan kuat.

apa bahan pelapis yang digunakan untuk sofa tersebut...?

Odoo CMS- Sample image floating

Bahan pelapis atau upholstery adalah bagian penting dari sofa yang harus dipilih dengan baik. Bahan yang paling mudah perawatannya adalah polyester karena mudah dibersihkan, tidak mudah pudar maupun kotor. Polyester juga tahan lama dan kuat. Katun dan linen juga bisa Anda jadikan pilihan jika Anda ingin pelapis yang lembut dan awet. Kekuatan dan keawetan bahan pelapis tergantung dari jenis serat yang digunakan dan kerapatan tenunan kainnya.

Ketika memilih jenis bahan pelapis, selain menanyakan jenisnya, Anda sebaiknya juga memastikan bahwa bahan tersebut lembut dan nyaman di kulit, apalagi kalau Anda ingin membeli sofa untuk bersantai. Kemudian, kalau Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan Anda tidak memilih bahan yang susah dibersihkan dari bulu hewan peliharaan. Jangan lupa, tanyakan apakah bahan pelapis sofa tersebut anti api ataukah tidak, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah semua pertanyaan di atas terjawab dengan baik dan Anda yakin dengan jawaban tersebut, segeralah memproses pembelian sofa Anda supaya Anda bisa segera mendapatkan tampilan ruang yang baru karena kehadiran sofa baru.



Image source: huffingtonpost.com