0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

Tentukan Warna Karpet Yang Tepat Untuk Ruang Anda

Cara Menentukan Warna Karpet Yang Tepat Untuk Ruangan Anda

Hal penting apa dari karpet yang perlu pemilihan cermat? Warna. Karena warna karpet akan mempengaruhi banyak hal.

Memahami cara memilih karpet yang pas untuk rumah Anda akan menjadi informasi yang sangat penting sebelum Anda memilih warna karpet yang cocok. Perkara memilih karpet bisa saja disepelekan karena karpet hanya dianggap pelengkap dalam sebuah ruangan. Padahal, karpet sangat mempengaruhi ruangan Anda, sehingga sangat disarankan untuk menjadikan pemasangan karpet sebagai langkah awal ketika akan mendekorasi sebuah ruangan, sebelum Anda memilih furnitur.

Menyesuaikan furnitur dengan karpet akan mempermudah proses dekorasi Anda. Tapi, kalau Anda baru akan memasang karpet ketika ruangan Anda sudah berisi furnitur, tidak perlu khawatir. Di bawah ini, Anda akan mengetahui lebih lengkap cara memilih karpet, khususnya bagaimana memilih warna karpet yang tepat.

Faktor yang Menentukan Pemilihan Karpet Untuk di Rumah

1. Ukuran Ruangan

Luas-sempitnya ruangan yang akan Anda pasangi karpet tentunya mempengaruhi pemilihan karpet Anda. Anda tidak bisa memaksakan karpet besar untuk dipasang di ruangan yang sempit dan tentunya Anda tidak bisa sembarangan memasang karpet berukuran kecil di ruangan luas Anda. Untuk itu, perlu cara yang benar untuk menyesuaikan ukuran karpet dengan ukuran ruangan.

Odoo CMS- Sample image floating

Ruangan yang luas lebih mudah dikreasikan dengan berbagai ukuran karpet. Anda bisa menggunakan karpet yang luasnya menutupi seluruh permukaan lantai. Karpet yang menutupi seluruh permukaan lantai bisa dipasang di ruang tamu dan kamar tidur. Sementara itu, karpet berukuran medium bisa diletakkan di mana saja, namun Anda harus tahu bagaimana meletakkannya. Anda bisa meletakkan karpet sebagai landasan furnitur di ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur. Anda juga bisa menggunakan karpet berukuran medium untuk menciptakan area baru di ruangan Anda yang luas. Jika Anda beranggapan bahwa ruang tamu Anda terlalu luas, untuk mengurangi luas ruang tamu tersebut, Anda bisa meletakkan karpet pada salah satu sudut atau sisi ruangan dan menjadikan karpet tersebut sebagai sebuah area, misalnya area bermain anak, area membaca, atau area untuk menempatkan rak berisi benda-benda koleksi Anda. Kemudian, karpet berukuran kecil juga dapat diletakkan di ruangan besar. Tapi, supaya tidak terlihat tidak berguna, Anda perlu meletakkannya dengan tepat. Karpet berukuran kecil bisa digunakan untuk alas furnitur atau benda dekorasi, diletakkan di sisi tempat tidur, atau diletakkan di dapur untuk mengisi jarak antara meja kompor dengan meja saji atau meja persiapan yang letaknya sejajar berdekatan.

Lalu, untuk ruangan kecil, apabila Anda bisa menghindarkan keinginan untuk menutupi seluruh permukaan lantai dengan karpet, sebaiknya Anda hindari. Kenapa? Karena ruangan yang berukuran kecil jika dipasang karpet pada seluruh permukaan lantainya, maka ruangan akan terlihat lebih penuh. Ukuran karpet yang pas untuk ruangan berukuran kecil adalah karpet berukuran medium dan kecil. Penempatannya sama dengan penempatan karpet berukuran serupa pada ruangan yang luas.

2. Gaya dan Selera

Memilih apapun untuk rumah Anda tentunya perlu disesuaikan dengan gaya dan selera Anda. Kalaupun Anda tidak ingin ruangan tersebut terlalu personal, setidaknya Anda pasti memiliki konsep untuk ruangan tersebut. Masukkanlah karpet ke dalam pertimbangan Anda dalam mendekorasi ruangan sesuai dengan gaya atau konsep Anda. Jika secara pribadi, Anda ingin ruangan yang menenangkan dan simpel, Anda bisa memilih karpet, cat, dan furnitur dengan warna yang natural. Motif pada karpet tentu juga dapat disesuaikan dengan selera atau konsep Anda. Kalau ruangan Anda sudah penuh motif dan warna, Anda bisa menjadikan karpet sebagai media pe-netral dengan memilih karpet polos tanpa motif. Tapi, kalau ruangan Anda terlalu polos, berikan karpet yang menarik dengan motif besar atau motif klasik atau bahkan motif abstrak untuk membuat ruangan Anda tidak terlihat terlalu flat.

3. kebutuhan aktivitas

Odoo CMS- Sample image floating

Keberadaan karpet di sebuah ruangan akan memberikan dampak pada kegiatan yang penghuni rumahnya. Misalnya, Anda ingin meletakkan karpet pada ruang tamu, pikirkan apakah di ruang tersebut karpet hanya akan digunakan sebagai alas untuk kaki-kaki yang melintas di atasnya ataukah Anda juga akan menggunakannya sebagai alas duduk suatu ketika nanti. Hal ini akan berkaitan dengan tekstur karpet yang akan Anda pilih. Jika karpet hanya digunakan sebagai pemberi kenyamanan untuk kaki atau hiasan ruangan saja, maka Anda tidak perlu karpet dengan tekstur yang terlalu lembut atau yang empuk, tapi yang terpenting adalah karpet tersebut nyaman ketika dipijak dan tidak licin. Kemudian, kalau Anda ingin karpet yang bisa sekaligus digunakan untuk alas duduk, karpet wol berbulu cukup panjang dan bertekstur empuk akan sangat tepat.

Tidak hanya itu, pertimbangkan pula apakah Anda akan kerap menggunakan ruangan tersebut untuk aktivitas yang tidak memerlukan karpet. Maksudnya, jika Anda sering mengadakan pesta atau pertemuan di rumah dan keberadaan karpet dianggap kurang memaksimalkan ruang gerak, maka Anda membutuhkan karpet yang mudah untuk dipindahkan. Untuk itu, pilihlah karpet yang ringan, mudah digulung, dan walaupun anti-selip, tidak menimbulkan bekas pada lantai.

4. area pelatakan

Odoo CMS- Sample image floating

Di manakah Anda akan meletakkan karpet Anda? Apakah di area outdoor seperti gazebo atau ruang tamu? Ataukah di area indoor, yaitu di ruangan-ruangan yangDi manakah Anda akan meletakkan karpet Anda? Apakah di area outdoor seperti gazebo atau ruang tamu? Ataukah di area indoor, yaitu di ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah? Area atau lokasi peletakkan karpet juga mempengaruhi proses pemilihan karpet. Kali ini, saatnya Anda mempertimbangkan material pembuat karpet. Jika Anda berencana untuk meletakkan karpet pada area outdoor, maka Anda membutuhkan karpet yang tahan air dan tidak mudah luntur jika terpapar sinar matahari dalam waktu lama dan terus-menerus. Anda bisa memilih karpet berbahan sintetis yang sebab diproduksi oleh pabrik, maka akan sengaja dibuat untuk memiliki kelebihan-kelebihan yang didambakan pemburu karpet. 

Sebaliknya, jika Anda ingin karpet diletakkan di ruangan bagian dalam rumah, karpet berbahan natural ataupun sintetis tidaklah masalah bagi Anda. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah apakah ruangan tersebut termasuk high traffic area.. High traffic area adalah area yang kerap digunakan untuk lalu-lalang, seperti selasar dari pintu utama ke ruangan lain, dapur, dan ruang tamu. Untuk high traffic area, karpet yang Anda butuhkan adalah karpet yang memiliki material yang awet supaya tidak mudah menipis. Karpet sintetis akan cocok untuk area ini, selain karpet wol yang memang terkenal sebagai bahan yang kuat dan awet.

5. penataan furniture

Odoo CMS- Sample image floating

Penataan furnitur di ruangan bisa mempengaruhi pembelian karpet karena jika Anda ingin menyesuaikan karpet dengan tatanan furnitur yang sudah ada, Anda bisa memilih karpet yang berbentuk lingkaran, oval, kotak, atau heksagon, sesuai dengan bentuk tatanan furniture Anda. Dengan begitu, Ansda tidak perlu membongkar lagi tatanan furnitur sehingga memperberat pekerjaan dekorasi ruang Anda hanya karena kehadiran satu dekorasi baru, yaitu karpet. Karenanya, Anda bisa melihat bentuk ruangan dan tatanan furnitur ruang secara menyeluruh, kalau perlu potret atau gambarlah sebelum Anda membeli karpet supaya Anda bisa mencari karpet yang sesuai.

Namun, alangkah lebih baik jika Anda bisa memulai menata furnitur setelah memasang karpet di sebuah ruangan, misalnya kamar tidur baru di rumah Anda. Anda bisa memilih karpet yang Anda sukai, kemudian untuk tempat tidur, side table, armchair, lemari, atau furnitur lainnya dapat menyesuaikan warna atau gaya karpet Anda.

tips menentukan warna karpet yang tepat untuk ruangan

1. menyesuaikan dengan lantai

Tips ini ditujukan bagi Anda yang inin memilih rug area atau area yang tidak menutupi seluruh permukaan lantai. Kalau lantai rumah Anda berwarna gelap dan Anda ingin menarik perhatian setiap mata yang menjelajah ruangan tersebut, maka Anda bisa menggunakan karpet dengan warna kontras dari warna lantai Anda. Contohnya, lantai Anda berwarna putih, maka Anda bisa memasang karpet warna merah terang sebagai alas sofa dan coffee table di ruang tamu Anda. Kemudian, kalau lantai Anda justru berwarna gelap seperti granit hitam, maka Anda bisa memilih karpet warna kuning, putih, atau abu-abu muda. 

Odoo CMS- Sample image floating

Namun, kalau Anda tidak ingin karpet terlalu mencolok, maka Anda bisa bermain dengan warna karpet yang masih senada atau dekat dengan warna lantai. Contohnya, di lantai berwarna putih, Anda bisa memasang karpet warna krem atau abu-abu muda dengan motif berwarna putih. Hal yang perlu Anda ingat adalah jangan menggunakan karpet dengan warna yang benar-benar sama dengan lantai karena bisa jadi membuat orang tidak sadar ada karpet dan tersandung ketika berjalan di areatersebut. Kejadian seperti itu rawan terjadi jika karpet tidak benar-benar menempel pada lantai atau permukaan karpet lebih tinggi dari permukaan lantai sedangkan warna karpet yang sangat serupa dengan warna lantai. 

2. Samakan dengan hal lain

Odoo CMS- Sample image floating

Selain mencoba untuk menyamakan warna karpet dengan warna lantai, Anda juga bisa menyesuaikan warna karpet dengan warna cat dinding, wallpaper, atau furnitur. Untuk menyesuaikan warna karpet dengan cat dinding, bukan berarti Anda memilih warna karpet yang serupa dengan warna cat dinding. Meskipun Anda menginginkan hal tersebut, tetap bisa saja Anda lakukan. Caranya adalah dengan memberikan jeda warna antara dinding dengan karpet. Kalau warna dinding Anda hijau muda, sisakan 15 – 20 sentimeter pada bagian bawah dinding yang menyatu dengan lantai. Kemudian di area tersebut, berilah warna netral seperti putih, lalu Anda bisa menggunakan karpet warna hijau muda yang sama dengan dinding Anda untuk menutupi seluruh permukaan lantai. 

Jika Anda tidak menginginkan warna yang sama, maka pilihlah warna yang jauh lebih tua atau muda. Bahkan, kalau Anda berani, pilihlah warna yang kontras. Memilih warna yang masih masuk ke dalam palet warna yang sama adalah pilihan terbaik. Lalu, Anda juga bisa menyesuaikan karpet dengan wallpaper. Carilah salah satu warna yang ada pada wallpaper Anda, kemudian jadikan warna tersebut sebagai warna karpet Anda. Kemudian, jika Anda ingin menyesuaikan dengan warna furnitur, seperti motif stripes pada sofa Anda, maka Anda juga bisa memilih karpet dengan motif serupa.

3. pilih warna yang cerah

Odoo CMS- Sample image floating

Warna ruangan yang didominasi warna putih, krem, atau abu-abu tentunya akan terasa membosankan atau datar. Ruangan yang terlalu datar memang bisa bertahan lama atau malah sebaliknya. Supaya Anda tidak cepat bosan dengan ruangan Anda, maka Anda bisa memberikan pencerah untuk ruangan Anda dengan memasang rug area bermotif dan warna cerah. Di dapur Anda yang seluruh furnitur dan dekorasinya berwarna putih, letakkan karpet berwarna fuschia dengan motif tribal yang menarik. Bisa juga Anda memakai karpet warna-warni untuk alas sofa putih besar Anda di ruang tamu. Kemudian, seimbangkan dengan meletakkan beberapa cushion yang warnanya sama dengan warna-warna di karpet tersebut. 

Bermain-main dengan warna karpet pada ruangan yang bernuansa datar adalah hal yang menyenangkan. Namun, kalau Anda kurang yakin untuk memasang karpet yang colorful atau karpet dengan warna mencolok, maka Anda bisa memilih warna cerah yang tone-nya pastel, seperti baby pink untuk kamar tidur anak perempuan Anda atau soft green untuk ruang keluarga Anda. Meskipun warna pastel, namun warna-warna tersebut tergolong ke dalam warna cerah yang dapat menghidupkan suasana ruangan yang tadinya terlalu datar.

4. tentukan mood ruangan

Odoo CMS- Sample image floating

Menentukan mood ruangan adalah hal penting yang dapat dilakukan dengan pemasangan karpet. Sebuah ruangan akan berfungsi maksimal jika mood yang baik dan sesuai dengan fungsi ruangan tersebut dapat dihadirkan. Di ruang kerja, misalnya, Anda membutuhkan mood yang tenang, namun menginspirasi dan memberi semangat. Untuk itu, ketenangan dapat Anda dapatkan dengan mewarnai dinding menggunakan warna netral dan memilih furnitur dengan warna netral pula. Kemudian, untuk menambah semangat dan ‘kehidupan’ di dalam ruangan tersebut, Anda bisa memasang karpet dengan motif sulur, tribal, atau abstrak. 

Anda juga bisa memilih karpet dengan warna-warna yang secara psikologis dapat memberi efek baik. Seperti warna hijau yang dapat membawa ketenangan, warna merah yang dapat memberi semangat, warna putih yang menetralkan, dan warna-warna lainnya. Buatlah mood ruangan Anda menjadi baik supaya Anda bisa benar-benar menikmati momen ketika Anda berada di ruangan tersebut. Membawa mood ke dalam ruangan akan sangat berguna khususnya di ruangan di mana Anda kerap menghabiskan waktu Anda sehari-hari.

5. selamatkan dengan monokrom

Ada waktu ketika Anda bingung harus memutuskan warna karpet seperti apa yang cocok untuk ruangan Anda. Jika Anda ingin mengganti karpet yang sudah ada di ruangan Anda atau Anda baru akan memasang karpet di ruangan dan tidak bisa memutuskan warna seperti apa yang sesuai, maka berlarilah ke warna monokrom. Warna monokrom adalah warna penyelamat dan jawaban dari kebingungan pemilihan warna. Tidak akan ada yang salah dengan warna monokrom. Untuk ruangan yang minimalis dan memiliki satu warna saja atau warna yang sangat dominan, seperti putih misalnya, menambahkan karpet berwarna putih tulang dapat menjadi solusi ketika Anda tidak ingin merusak konsep ruangan minimalis Anda. 

Odoo CMS- Sample image floating

Ketika Anda memiliki ruangan yang sudah penuh dengan warna dan motif karena Anda mengangkat tema colorful, kemudian Anda bingung warna karpet seperti apa yang bisa masuk ke dalam keramaian tersebut, maka warna hitam, abu-abu, atau putih bisa menenangkan keramaian tersebut. 

Jadi, pilihlah karpet Anda berdasarkan faktor-faktor penentu yang mempengaruhi pemilihan karpet yang cocok untuk ruangan Anda. Kemudian, untuk pemilihan warna yang tadinya dianggap membingungkan, bisa dipermudah dengan 5 tips menentukan warna karpet yang tepat seperti di atas. Pastikan Anda tidak salah memilih warna karpet supaya karpet tersebut bisa berada di ruangan Anda untuk waktu yang lama. Jika satu karpet tidak sesuai untuk sebuah ruangan, jangan buru-buru menyingkirkan karpet tersebut. Anda bisa mencoba memasangnya di ruangan lainnya. Selamat memilih dan mencoba menemukan warna karpet terbaik!


Image source: emilieclepper.com