0812-7742-300 Mon - Sun 8:30 - 20:00 WIB

 Panduan Memilih Sofa yang Paling Cocok Untuk Anda

 

 

Memilih sofa yang tepat membutuhkan proses yang tidaklah singkat. Wajar saja, sofa merupakan furnitur yang akan Anda miliki dalam jangka waktu panjang. Tidak hanya itu, sofa juga akan menunjang desain interior ruangan, yang apabila tidak sesuai dengan ruangan, bisa menjadikannya terlihat janggal. Berikut ini beberapa pertanyaan panduan yang bisa dijadikan patokan Anda sebelum membeli sofa sehingga Anda bisa mendapatkan sofa yang paling cocok.

Contact us »

Apakah ukurannya cocok untuk ruangan tersebut?

 

Di mana Anda akan meletakkan sofa tersebut, ruang tamu atau ruang keluarga? Setelah Anda tahu ruangan mana yang akan ditaruh sofa, coba ingat ukuran ruangan tersebut dan mulailah mencari sofa yang ukurannya tepat untuk ruangan tersebut. Apabila ruangan Anda luas, Anda bisa memilih sofa dengan model melengkung, seperti sofa klasik atau sofa modern yang tidak banyak bersudut. Sementara kalau ruangan Anda tidak terlalu luas, pilihlah sofa modern yang bentuknya lebih tegas dan bersudut sehingga tidak memakan banyak tempat. Tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki sofa yang besar di ruang tamu yang sempit karena hanya akan membuat ruangan terlihat penuh dan kurang nyaman.

Bagaimana sofa tersebut akan ditempatkan?

 

Coba buat rancangan bagaimana Anda akan menempatkan sofa baru Anda. Misalnya, Anda ingin membeli sebuah sofa two-seater , tiga stool chair , dan sebuah coffee table untuk ruang tamu Anda. Dengan semua furnitur tersebut, Anda ingin menaruh coffee table di tengah, dikelilingi sofa dan stool chair . Atau bisa juga Anda ingin menaruh sofa dan stool chair secara sejajar dan meletakkan coffee table di depannya. Buatlah rancangan yang paling pas untuk membuat ruang tamu Anda terlihat menarik, nyaman, dan tetap fungsional. Dengan membuat rancangan seperti itu, Anda akan tahu sofa seperti apa yang Anda butuhkan.

Seperti apa model sofa yang pas?

 

Sesuaikan model sofa dengan tema ruangan Anda, apakah klasik, modern, ekletik, kontemporer, atau lainnya. Setelah menemukan tema sofa yang pas, bentuk sofa juga harus dipertimbangkan. Kalau Anda sering menerima banyak tamu, Anda bisa memilih bentuk sofa yang bisa memuat 3 – 4 orang dengan nyaman. Tapi, kalau Anda ingin menaruh sofa tersebut di ruang keluarga yang lebih santai, Anda bisa memilih sofa two-seater dengan bentuk yang lebih fleksibel untuk bersantai sembari menonton TV.

Sebaiknya pilih warna dan motif apa?

 

Kalau ruangan Anda tidak memiliki tema khusus, Anda bisa menyesuaikannya dengan warna cat dinding, misalnya cat dinding Anda berwarna abu-abu muda, maka Anda bisa memilih sofa warna cokelat atau deep navy blue untuk pilihan yang netral. Untuk membawa kesan lebih ceria, Anda bisa menggunakan sofa warna kuning atau tosca . Tidak hanya memilih warna, namun Anda juga sebaiknya memutuskan akan membeli sofa bermotif atau polos. Sofa polos akan lebih mudah disesuaikan dengan tema dan warna ruangan yang akan berganti-ganti seiring berjalannya waktu. Tapi, kalau Anda lebih suka sofa bermotif, pastikan motifnya timeless atau tidak hanya mengikuti tren karena Anda bisa mudah bosan. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah Anda masih akan suka motif tersebut untuk 2 atau 3 tahun mendatang?

Apa bahan pelapis yang digunakan untuk sofa tersebut?

 

Bahan pelapis atau upholstery adalah bagian penting dari sofa yang harus dipilih dengan baik. Bahan yang paling mudah perawatannya adalah polyester karena mudah dibersihkan, tidak mudah pudar maupun kotor. Polyester juga tahan lama dan kuat. Katun dan linen juga bisa Anda jadikan pilihan jika Anda ingin pelapis yang lembut dan awet. Ketika memilih jenis bahan pelapis, selain menanyakan jenisnya, Anda sebaiknya juga memastikan bahwa bahan tersebut lembut dan nyaman di kulit, apalagi kalau Anda ingin membeli sofa untuk bersantai. Kemudian, kalau Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan Anda tidak memilih bahan yang susah dibersihkan dari bulu hewan peliharaan.